Logo

Dirjen Imigrasi Hadiri Peluncuran Paspor Elektronik di KBRI Tokyo

Dirjen Imigrasi Hadiri Peluncuran Paspor Elektronik di KBRI Tokyo

TOKYO, JEPANG – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi menghadiri peluncuran Layanan Paspor Elektronik di KBRI Tokyo pada Jumat, 26 Juli 2024 pukul 16.00 waktu setempat yang juga disaksikan langsung oleh masyarakat dan pelajar Indonesia di Tokyo.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Duta Besar Indonesia untuk Jepang – Maria Renata Hutagalung, Kepala Bank Indonesia di Tokyo – Imad Sahabat, Kepala Bank Negara Indonesia di Tokyo – Yudhi Zufrial, Kepala Pertamina di Tokyo – Fuadi A. Nasution serta Secretary General of Asian Productivity Organization, Indra P. Singawinata.

“Setelah seluruh kantor imigrasi di indonesia sudah 100% bisa menerbitkan paspor elektronik Januari lalu, kita merambah ke luar negeri. Saya mulai dari yang ada atase imigrasinya lebih dahulu. Saya mencatat, selanjutnya Osaka, kemudian KJRI Frankfurt dan Hamburg di Jerman yang akan masuk daftar tunggu perwakilan yang bisa menerbitkan e-paspor,” jelas Silmy dalam kesempatan tersebut.

Silmy juga menjelaskan bahwa e-paspor juga memberikan tambahan confidence, terutama saat pengajuan visa ke negara lain. Paspor elektronik tidak hanya meningkatkan keamanan data pribadi pemegang paspor, tetapi juga memudahkan proses imigrasi di berbagai negara yang telah menerapkan sistem yang sama.

“Hadirnya layanan e-paspor di sini kami harapkan bisa memberi kenyamanan bagi WNI terutama yang tinggal di wilayah akreditasi KBRI Tokyo. Enggak perlu lagi pulang ke Indonesia supaya bisa mendapatkan e-Paspor,” tutup Silmy.

Layanan Paspor Elektronik ini sudah bisa didapatkan di KBRI Tokyo mulai tanggal 26 Juli 2024.