Logo

Pertumbuhan Perekonomian di Bengkulu Naik Sebesar 4,70 Persen

Pertumbuhan Perekonomian di Bengkulu Naik Sebesar 4,70 Persen

BENGKULU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu merilis Pertumbuhan Perekonomian di Provinsi Bengkulu secara year-on-year (y-on-y) yang naik sebesar 4,70 persen.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu naik, akan tetapi masih di bawah angka pertumbuhan Nasional,” kata Isnan Fajri Sekda Provinsi Bengkulu, Senin (05/08/2024).

Kemudian Isnan menyampaikan bahwa sangat membutuhkan terkait angka kenaikan ini, dikarenakan bisa dievaluasi dalam target penetapan yang telah ditentukan.

“Kalau tidak sesuai dengan apa yang ditargetkan, berarti ada yang perlu kita akselerasi kegiatan, dan kita evaluasi ada yang kurang tepat sasarannya,” ujarnya.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Bengkulu, Isnan juga menjelaskan bahwa ada dua hal yang akan membuat potensi pertumbuhan perekonomian akan naik, yaitu akan ada dinamisasi pasar dan perputaran uang, sehingga akan ada perputaran ekonomi.

“Kalau itu terjadi secara positif, walaupun tidak fundamental, karena sesaat kebutuhan politik, mudah-mudahan perekonomian akan meningkat,” lanjutnya.

Disamping itu, Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal mengatakan bahwa dalam pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bengkulu secara year-on-year (y-on-y) naik sebesar 4,70 persen, sedangkan secara Q-to-Q berkisar 6,46 persen.

“Artinya, ini memberikan gambaran yang cukup positif, bagi perekonomian kita, karena kita masih tumbuh, walaupun secara skala ekonomi untuk di Sumatera, Bengkulu masih dua persen, dan secara Nasional 0,48 persen,” ujarnya.

Semua sektor dalam Pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bengkulu hampir semuanya mengalami kenaikan, dan dalam sektor pertambangan juga mengalami kenaikan, karena dampak dari ekspor dan impor.

“Kita harapkan tetap akan naik dan akan dibuktikan, serta akan berupaya lebih progresif lagi kedepannya, agar pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu meningkat,” tutup Rizal.