Logo

Jangan Ketinggalan! Ada 5000 Lowongan Kerja di Bengkulu, Simak Jadwalnya

Jangan Ketinggalan! Ada 5000 Lowongan Kerja di Bengkulu, Simak Jadwalnya

BENGKULU – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu akan gelar Job Fair besar-besaran di Provinsi Bengkulu dan menyediakan  5000 Lowongan Pekerjaan untuk Masyarakat Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Syarifudin mengatakan bahwa akan ada Job Fair yang besar di Provinsi Bengkulu yang akan gelar pada bulan September mendatang.

“Ini akan bekerjasama dengan Universitas Bengkulu, dan kita akan mengundang Menteri, insyaallah dari Kepala Pusat Tenaga Kerja untuk kita hadirkan, dan diselenggarakan di GOR Sawah Lebar Bengkulu,” Kata Syarif, Rabu (07/08/2024).

Selanjutnya, Syarif menjelaskan untuk 5000 lowongan tersebut akan ditargetkan minimal 100 perusahan yang ada di Bengkulu yang akan menyiapkan pendaftaran lowongan pekerjaan.

“Perushaan yang ada di Provinsi Bengkulu ini yaitu 900 perusahaan, maka semuanya akan kita undang, mudah-mudahan mereka menyiapakan lowongan pekerjaan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, akan ada skema penyelenggaraan job fair atau bursa kerja karena akan berkolaborasi dengan Universitas Bengkulu yang akan di mulai dengan Seminar Nasional.

Kemudian dalam Seminar Nasional nanti, para calon tenaga kerja akan mendapatkan pengetahuan cara-cara membuat profil diri atau curriculum vitae (CV), serta membuat lamaran atau hal-hal lainnya. Sehingga di agenda seminar ini akan dihadirkan influencer serta wirausahawan (entrepreneur) yang menjadi narasumber nantinya.

“para pencari kerja ini tidak hanya berfikir sebatas mencari kerja namun juga mendapatkan motivasi untuk menjadi pengusaha. Setelah itu baru nanti job fair,” lanjutnya.

Serta pelaksanaan job fair  tahun ini untuk diminta agar perusahaan membuat kontrak pemagangan terlebih dahulu. Sehingga para calon pencari kerja nantinya langsung membawa dokumen KTP, Ijazah (asli dan fotocopy) serta CV (Curriculum Vitae) untuk langsung menjadi persyaratan kontrak magang di perusahaan yang dituju.

“bisa langsung teken kontrak satu, dua, atau tiga bulan, setelah magang kalau dia cocok dan perusahaan juga cocok bisa lanjut bekerja dan mempekerjakan,” pintanya.

Diketahui, angkatan kerja di Provinsi Bengkulu, 3,17 persen atau 34 ribu orang pengangguran terbuka, dan lebih rendah dari posisi Nasional yaitu 5,4 persen.

“Angkanya terus bertambah, dikarenakan Unib, UIN, dan kampus lain gelar Wisuda, dan SMK terus menamatkan. Makanya kegiatan job fair ini terus kita lakukan,” tutup Syarifudin.