Logo

Pengguna KTP Digital di Kota Bengkulu Belum Capai Target

KTP Digital

KTP Digital

BENGKULU – Pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital di Kota Bengkulu masih jauh dari target nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Wahyu.

Ia menyebut, berdasarkan data Disdukcapil Kota Bengkulu, ada sebanyak 21.943 warga Kota Bengkulu yang telah menggunakan IKD itu. Data tersebut, kata Wahyu masih diangka kecil, yakni 7,08 persen.

“Jumlah ini masih mencapai tujuh koma delapan persen dari jumlah warga yang sudah merekam KTP sebanyak 278.057 orang,” kata Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan, data warga yang sudah menggunakan KTP digital itu masih jauh dari target nasional, yakni 30 persen.

“Capaian ini masih sangat kurang dari target nasional yang mencapai 30 persen pengguna,” ungkap Wahyu.

Untuk mencapai target tersebut, Wahyu mengaku pihaknya terus berupaya mensosialisasikan agar warga segera mengaktifkan IKD.

Sebab, sambung Wahyu, banyak manfaat yang bisa didapatkan jika sudah menggunakan IKD. Karena dengan aplikasi ini terdapat sejumlah layanan yang berhubungan pelayanan publik.

“Banyak sekali manfaatnya. Kami terus mensosialisasikan Terkait IKD ini,” tutup Wahyu.