Logo

Ribuan Masyarakat Bengkulu Saksikan Kirab Bendera Merah Putih di Patung Fatmawati

Ribuan Masyarakat Bengkulu Saksikan Kirab Bendera Merah Putih di Patung Fatmawati

BENGKULU – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Provinsi Bengkulu pelopori Kirab Bendera Merah Putih yang dipusatkan di Bundaran Patung Ibu Fatmawati Simpang Lima  Kota Bengkulu. Sabtu (10/8/2024).

Rangkaian Kirab Bendera Merah Putih diawali dengan penampilan marching band dan dilanjutkan dengan kolosal Bendera Merah Putih.

Ribuan masyarakat berbondong-bong memadati kawasan monumen Fatmawati, untuk melihat bentuk formasi Bunga Raflesia serta membentuk formasi angka 79 oleh seluruh pelajar SMA se-Kota Bengkulu dengan diiringi alunan musik dol yang merupakan alat musik tradisional Bengkulu.

Pasukan Kirab Bendera Merah Putih yang tergabung dari para pelajar SMA se-Kota Bengkulu dan anggota TNI tersebut dilepas secara langsung oleh Gubernur Bengkulu yang didampingi oleh para Forkopimda Provinsi Bengkulu untuk menuju ke rumah pengasingan Bung Karno dengan berjalan kaki yang dimeriahkan marching band dan setelah tiba di rumah pengasingan Bung Karno anggota Paskibra menyerahkan Bendera Merah Putih tersebut kepada Gubernur Bengkulu yang mana Bendera Merah Putih tersebut akan dikibarkan pada Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2024 nanti.

Pembentangan bendera ini memiliki mana simbol yang mendalam, mencerminkan persatuan dalam keragaman.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan bahwa dalam sepanjang jalan melakukan kirab merah putih, pihaknya juga membagikan bendera merah putih ke masyarakat yang ada.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremoni, tetapi juga refleksi dari semangat kebersamaan dan cinta tanah air yang mengalir di dalam diri masyarakat Bengkulu,” ujadnya.

Lebih lanjut, kirab bendera merah putih ini juga sekaligus berbarengan dalam memperingati hari Veteran Nasional.

Hari Veteran Nasional pertama kali diperingati pada tahun 1957, yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 1957. Tanggal 10 Agustus dipilih untuk menghormati perjuangan para pahlawan yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), yang merupakan organisasi resmi bagi para veteran di tanah air.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bengkulu, Kapten INF. (PURN) Ribut Aryadi mengatakan bahwa di tahun sebelumnya, dalam rangka HUT Veteran Nasional dengan cara yang sederhana, sedangkan di tahun ini, diserentakkan dan di memeriahkan HUT Veteran Nasional.

“Untuk itu, pesan saya untuk generasi selanjutnya, tetap semangat untuk membangun, semangat untuk bekerja. Kami tinggal hanya melihat saja, dan semangat berjuang tetap ada,” pesannya.