Logo

Masyarakat Bengkulu Antusias Peringati Hari Veteran Nasional

Masyarakat Bengkulu Antusias Peringati Hari Veteran Nasional

BENGKULU – Indonesia merayakan Hari Veteran Nasional pada tanggal 10 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan penghormatan bagi para pahlawan yang berjuang demi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Veteran Nasional pertama kali diperingati pada tahun 1957, yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 1957. Tanggal 10 Agustus dipilih untuk menghormati perjuangan para pahlawan yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), yang merupakan organisasi resmi bagi para veteran di tanah air.

Sehingga dalam rangka memperingati HUT Veteran ini, seluruh elemen masyarakat Provinsi Bengkulu juga ikut andil dalam menyambut veteran di Bengkulu, serta berbarengan dengan Kirab Bendera Merah Putih.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bengkulu, bahwasanya semangat juang veteran ini harus menjadi inspirasi untuk semuanya, dan sebagai generasi penerus harus cerdas dalam menyikapi setiap masalah dan keadaan yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Semangat juang para veteran harus kita warisi, kita bersama-sama menjaga persatuan, dan kesatuan untuk menghadapi tantangan zaman untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” pesan Rohidin, Sabtu (10/08/2024).

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bengkulu, Kapten INF. (PURN) Ribut Aryadi sangat bangga dan senang di tahun 2024 ini seluruh elemen ikut andil dalam memeriahkan HUT Veteran ini.

Serta dirinya berpesan kepada generasi muda untuk semangat dalam meneruskan Indonesia yang lebih maju, serta khususnya untuk Provinsi Bengkulu yang gemilang.

“Tentunya harus semangat, untuk bekerja dan semangat untuk membangun Bengkulu, kami sebagai sesepuh tinggal hanya melihat saja dan mendorong semangat untuk generasi penerus bangsa,” ujarnya.