Logo

DP3AP2KB Kota Bengkulu Raih Gelar Terbaik Penurunan Angka Stunting

DP3AP2KB Kota Bengkulu Raih Gelar Terbaik Penurunan Angka Stunting

BENGKULU – Dalam menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi ke-13 tahun, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu melalui Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI mendapatkan gelar terbaik penurunan angka Stunting Se-Provinsi Bengkulu.

“Kita mendapatkan 3 penghargaan yaitu, Komitmen terbaik Pemerintah Kota terhadap penurunan angka Stunting, pelaporan untuk gatra binaan uppka terbaik, dan pendataan siga juga terbaik,” kata Dewi Dharma Kepala Dinas DP3AP2KB.

Sementara itu, terkait persentase Stunting di Kota Bengkulu pada tahun 2022 yaitu 12,9 peresn turun hingga pada tahun 2023 sekitar 6,7 persen dan turun ke angka 6,2 persen.

“Kita juga menjadi pilot projek dari Kabupaten untuk bagaimana penurunan angka stunting di Kota Bengkulu,” Lanjut Dewi.

Kemudian Dewi juga menambahkan bahwa dalam pendataan angka stunting terkhusus di Kota Bengkulu pada tahun 2024 ini, akan dilakukan pendataannya di tahun 2025 nanti yang akan di targetkan ke angka 4 persen.

“Untuk di tahun 2024 ini nanti penilaiannya di tahun 2025, tapi untuk target kita di angka 4 persen,” tambanya.

Lebih lanjut, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu ini akan sigap untuk mendampingi keluarga yang beresiko stunting dengan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Dan Kota Bengkulu.

“Dalam pendampingan kami itu ada anak yang terindikasi stunting dan merujuk kepada stunting, kita akan menyerahkan itu kepada dinas kesehatan untuk bersama-sama memeriksa anak tersebut, apakah benar terdampak atau hanya kekurangan asupan gizi (gizi buruk),” pungkasnya

Serta Dewi berharap agar kedepannya dapat lebih giat lagi dan bisa mempertahankan gelar terbaik ini, sehingga untuk Siga terkhusus Kota Bengkulu bisa menjadi yang terbaik di tahun 2024 ini.

“Pemerintah Kota mensupport untuk lebih giat lagi kedepannya, supaya kita tetap bisa mempertahankan gelar terbaik ini, dan meningkatkan Siga di tahun 2024 ini,” tutupnya.