Logo

Bengkulu Terdapat Dua Segmen Potensi Gempa Megathrust Berkekuatan 7,9

Bengkulu Terdapat Dua Segmen Potensi Gempa Megathrust Berkekuatan 7,9

BENGKULU – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang menyebut, Bengkulu terdapat dua segmen potensi gempa megathrust, yakni Segmen Enggano dan Segmen Mentawai Pagai.

Hal tersebut disampaikan Yoki Gustiawan pengamat Meterologi dan Geofisika. Dia mengatakan potensi tersebut berdasarkan kajian-kajian BMKG. Namun, potensi tersebut tidak diketahui kapan akan terjadi.

“Untuk daerah Bengkulu memang ada segmen megathrust Enggano. Itu memang berpotensi, potensi berdasarkan kajian-kajian. Cuma kapan terjadinya seperti yang biasa kami sampaikan kita tidak pernah tahu kapan terjadinya,” kata Yoki.

Lebih lanjut Yoki menjelaskan, segmen Enggano dan Segmen Mentawai itu akan menimbulkan kekuatan gempa 7,9 Magnitudo yang berdampak langsung di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko. Kekuatan gempa itu juga berpotensi terjadinya tsunami.

Kendati demikian, dirinya menegaskan agar seluruh Masyarakat di Provinsi Bengkulu tidak perlu terlalu panik dengan kabar tersebut dan harus tetap waspada.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik terkait isu gempa megathrust, sebab kita tahu bahwa memang Bengkulu potensi kegempaan cukup tinggi,” ungkapnya.

Yoki juga mengingatkan masyarakat, jika terjadi gempa dengan durasi yang cukup lama, agar dapat segera mengevakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman, terutama warga yang bermukim didekat Pantai, agar dapat terhindar dari potensi terjadinya tsunami. Selain itu, warga juga diminta untuk selalu memastikan informasi kegempaan dari intansi resmi BMKG.