Logo

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Bengkulu Terus Meningkat

Ilustrasi. Totabuan.co

Ilustrasi. Totabuan.co

BENGKULU –  Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Bengkulu terus terjadi peningkatan. Melalui data Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Bengkulu menyebut, saat ini terdapat 100 kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Bengkulu.

Dalam mengupayakan pendampingan terhadap laporan kekerasan perempuan dan anak di Provinsi Bengkulu, Danirul selaku kasi Pelayanan UPTD PPA mengatakan ada beberapa hal dalam melakukan pendampingan kasus tersebut dilihat dari aspek kekerasan. Seperti, kasus yang berkaitan dengan hukum akan dilakukan pendampingan dalam upaya pengaduan ke pihak Polda atau Polres.

“Kemudian pemenuhan pendampingan kebutuhan Psikologisnya, kita juga bekerjasama dengan psikologi klinis, kita dampingi mulai dari asesmen hingga sampai kondisi Psikologisnya (korban) bisa stabil,” kata Danirul, Rabu (21/08/2024).

Kemudian, Danirul menerangkan dalam pendampingan terhadap kasus kekerasan seksual terhadap anak yang masih di bawah umur, apabila belum siap untuk merawat janin yang dikandungkannya, maka pihak dari DP3AP2KB Provinsi Bengkulu akan memfasilitasinya dengan bekerjasama ke Dinas Sosial untuk mencari calon orangtua asuh tersebut.

“Calon orangtua asuh ini nanti akan dipilih, dan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk tes kejiwaannya, serta melihat dari segi ekonominya,” terangnya.

Diketahui, yang mendominasi terhadap kekerasan perempuan dan anak yaitu adanya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kekerasan Seksual.

“Dalam penjangkau terhadap Kabupaten/Kota ada juga kekerasan seksual. Ada beberapa kasus Incest pelakunya justru orang-orang terdekat dalam pencurigaan itu bapak kandung atau saudara kandungnya,” tambah Danirul.

Berikut data jumlah kasus kekerasan perempuan dan anak yang ada di Provinsi Bengkulu :

Bengkulu Selatan : 3

Lebong                   : 4

Rejang Lebong     : 16

Bengkulu Utara   : 8

Kaur                       : 10

Seluma                  : 22

Mukomuko          : 4

Kepahiang           : 14

Bengkulu Tengah : 10

Kota Bengkulu   : 9.