Logo

Paslon Bupati Mukomuko Jalani Tes Kesehatan Jiwa di RSKJ

Paslon Bupati Mukomuko Jalani Tes Kesehatan Jiwa di RSKJ

BENGKULU – Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mukomuko, Choirul Huda dan Rahmadi AB, pasangan pertama yang telah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan kejiwaan di RSKJ Soeprato Bengkulu.

“Yang jelas kami berterimakasih kepada seluruh jajaran penyelenggara, termasuk KPU, termasuk Rumah sakit jiwa di Bengkulu ini, hingga proses ini berjalan dengan baik sebagai persyaratan KPU,” kata Choirul Huda, Minggu (01/09/2024).

Dikabar bahwa mereka sejak dari pukul 10:00 Wib telah berada di lokasi untuk melakukan prosesi pemeriksaan kesehatan kejiwaan, dan pukul 16:22 Wib pihaknya baru selesai menjalani proses pemeriksaan kesehatan kejiwaan.

Selama menjalankan proses tes kejiwaan, Choirul menyampaikan ada 800 soal yang telah disiapkan oleh pihak Psikiater dari RSKJ Soeprato.

“Yang paling banyak itu soal di kesehatan jiwa, dimana kita dinilai dari tipikal kepribadian yang bagaimana, motivasinya terhadap sesuatu apa, terus itu orang itu tangguh atau tidak dalam menghadapi, pernah trauma atau tidak. Itu yang tadi di tes sama kita,” sampainya.

Kemudian, pada saat melakukan tes 800 soal ini, pasangan Choirul Huda dan Rahmadi AB tidak ada melakukan pengulangan.

“Pengulangan itu sifatnya invalid itu kan tidak terdeteksi, karena apa, mungkin karena prosedur sistemnya yang sedemikian rupa sehingga dikatakan invalid,” sahutnya.

Diketahui, dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kejiwaan, Choirul dan rekannya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan, hanya saja tetap mengikuti dari proses di RSKJ Soeprato Bengkulu.

“Yang penting ikuti, kita sesuaikan dengan apa yang terjadi di jiwa kita, apa yang terjadi di tubuh kita,” sambung Choirul.

Lebih lanjut, Choirul Huda dan Rahmadi AB kedepannya akan melakukan proses-proses yang ada ada kontestasi pilkada nanti.

“Termasuk persiapan di kampanye, termasuk kesiapan-kesiapan kita prosedur yang sudah dilakukan atau di gariskan oleh KPU kita ikuti. Baru nanti kita bertanding di kampanye dan di pemilihan pilkada ini,” tutup Choirul Huda.