Logo

Alasan Game Concord Ditutup dan Cara Pengembalian Dana Pemain

Concord game. PlayStation

Concord game. PlayStation

PlayStation memutuskan akan menutup server game Concord pada 6 September 2024. Game yang baru dirilis pada 23 Agustus lalu ini dianggap gagal untuk memuaskan ekspektasi pencinta game. Seluruh pemain yang telah terlanjur membeli game ini akan akan menerima refund atau pengembalian dana.

Direktur game Firewalk Studios Ryan Ellis dalam postingan blog yang diterbitkan oleh PlayStation memutuskan untuk menarik kembali game ini setelah mendengar kritik dari para pemain.

“Dukungan Anda dan semangat komunitas yang tumbuh di sekitar game ini sangat berarti bagi kami. Namun, meskipun banyak kualitas pengalaman yang diterima oleh para pemain, kami juga menyadari bahwa aspek lain dari game ini dan peluncuran awal kami tidak berjalan sesuai keinginan kami.”

“Oleh karena itu, saat ini, kami telah memutuskan untuk menjadikan game ini offline mulai 6 September 2024, dan mengeksplorasi opsi, termasuk opsi yang dapat menjangkau pemain kami dengan lebih baik. Sementara kami menentukan jalur terbaik ke depan, penjualan Concord akan segera dihentikan dan kami akan mulai menawarkan pengembalian dana penuh untuk semua gamer yang telah membeli game tersebut untuk PS5 atau PC,” tulisnya.

Game bertipe First Person Shooter (FPS) ini dikembangan dengan dana hampir 200 juta dolar dengan waktu selama 8 tahun. Sebagian streamer menyebut “Concord” mirip dengan game “Overwatch” yang diproduksi Blizzard Entertainment, tapi dengan harga yang lebih mahal.

Dalam sejarah singkatnya, “Concord” memiliki 697 pemain secara bersamaan, angka yang sangat rendah untuk rilisan baru PlayStation, dan berada di peringkat terbawah dalam grafik penjualan mingguan PlayStation. Bahkan menjelang penutupan, game ini tercatat hanya dimainkan oleh 40 orang.

Harga yang tinggi, karakter yang tidak menarik hingga kecurigaan tentang adanya kampanye inklusifitas di dalam gamenya membuat Concord lebih banyak menerima review negatif oleh para gamer. Sweet Baby Inc juga ikut terseret dan dianggap sebagai biang kerok rendahnya minat pada Concord.

Cara Refund

Pemain yang telah terlanjur membeli akan menerima pengembalian dana penuh. Jika pemain membeli game untuk PlayStation 5 dari PlayStation Store atau PlayStation Direct, pengembalian dana akan diberikan kembali ke metode pembayaran awal. Pengembalian dana untuk pembelian PlayStation Store dan PlayStation Direct mungkin memerlukan waktu 30-60 hari.

Laman blog Playstation juga memberikan penjelasan mengenai tata cara pengembalian dana jika game dibeli melalui platform digital lain. Berikut nformasi lebih lanjut tentang pengembalian uang dari Steam dan Epic.

Steam Store – Steam Store akan mengembalikan dana pemain yang membeli game tersebut dalam beberapa hari mendatang. Steam akan mengirimkan konfirmasi pengembalian dana setelah diproses.

Epic Games Store – Epic Games Store akan mengembalikan dana pemain yang membeli game tersebut dalam beberapa hari mendatang dan akan menghubungi setiap pelanggan secara langsung untuk mengonfirmasi bahwa pengembalian dana telah diproses.

Pengembalian dana pengecer lainnya – Untuk pelanggan yang telah membeli salinan fisik di lokasi pengecer di luar PlayStation secara langsung, silakan lihat proses pengembalian dana dari pengecer tempat Anda membelinya untuk mendapatkan pengembalian dana Anda.

Setelah pengembalian dana, pemain tidak lagi memiliki akses ke game.