Logo

BPBD Mukomuko Gelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat

BPBD Mukomuko Gelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat

BENGKULU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko mengadakan acara pelatihan pengembangan kapasitas tim reaksi cepat (TRC) multi sektoral Kabupaten Mukomuko tahun 2024, Senin (09/09/24).

Dalam sambutannya kepala BPBD Mukomuko, Ruri mengatakan acara yang diadakan saat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas tim reaksi cepat multi sektor di Kabupaten Mukomuko.

“Dari 15 kecamatan se-Kabupaten Mukomuko hadir untuk acara pelatihan ini, alhamdulilah 2 orang sebagai perwakilan dari masing masing kecamatan hadir semua, dan juga dari Basarnas dan OPD lainnya, ” ujar Ruri.

Selanjutnya sambung Ruri, adapun maksud dan tujuan pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas Tim Reaksi Cepat ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang penanganan darurat bencana secara cepat tepat terpadu transparan dan akuntabel.

Dan juga untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi korban. Serta meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar pada saat penanganan darurat.

Wakil Bupati Mukomuko Wasri berharap untuk TRC Kabupaten Mukomuko agar terus dilatih lagi untuk lebih sigap dan siaga dan berharap agar ketika bencana datang untuk secara bersama sama turun ke lapangan sesuai dengan Tupoksi masing masing serta mengkaji dengan cepat.

Sementara Direktorat fasilitasi penanganan korban dan pengungsi, Nelwan Harahap mengatakan bahwa Mukomuko termasuk salah satu daerah yang rawan gempa . Oleh karena itulah urgensinya acara pelatihan ini diadakan agar ketika bencana datang TRC sigap dan siaga dalam menangani korban gempa.

“Seyogyanya kami ikut dalam simulasi langsung di lapangan dengan TRC yang telah dilatih secara outdoor, tetapi karena ada acara yang penting sekali kami harus kembali hari ini untuk mengikuti acara dengar pendapat di komisi 8 DPR , ” ungkap Nelwan.