Logo

Peringati Maulid Nabi, Warga Bandar Raya Gelar Tradisi Arak-arakan Nasi Tumpeng

Peringati Maulid Nabi, Warga Bandar Raya Gelar Tradisi Arak-arakan Nasi Tumpeng

BENGKULU – Warga Kelurahan Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu merayakan peringatan Maulid Nabi dengan melakukan arak-arakan tumpeng dari rumah warga menuju masjid.

Tradisi tahunan ini digelar sebagai bentuk menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Senin (16/09/2024) pagi.

Sebanyak 80 nasi tumpeng diarak oleh warga disana. Usai dilakukan arak-arakan, tumpeng kemudian dibawa ke dalam masjid dan dijejerkan di depan para jemaah masjid dengan diiringi tabuan gendang dan shalawat.

“Peringatan ini ya setiap tahun rutin ya kita laksanakan saat memperingati hari Maulid Nabi dengan melakukan arak-arakan nasi tumpeng,” kata Ajransyah, Ketua Panitia.

Lebih lanjut Ajransyah menjelaskan, warga setempat bersama karang taruna memaknai arak-arakan tumpeng ini sebagai bentuk menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad dalam bentuk kegembiraan.

Tradisi ini sendiri merupakan tradisi tahunan yang selalu digelar pada peringatan Maulid Nabi dengan harapan membawa syafaat bagi masyarakat.

“Itu yang jelas maknanya adalah bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad. Dan membuat nasi tumpeng ini bentuk kegembiraan kita,” sambungnya.

Setelah kegiatan maulid nabi selesai dilakukan, tumpeng yang sebelumnya dijejerkan di hadapan jemaah kemudian dibagikan untuk disantap bersama-sama.

“Nanti kita makan bersama-sama dan ada juga nanti kita bagikan ke panti-panti asuhan,” demikian Ajransyah.