Logo

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu Mengikuti Webinar Series 5: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM

Webinar Series 5: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM

Webinar Series 5: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM

BENGKULU – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu berpartisipasi dalam Webinar Series 5: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM yang mengusung tema “Powerful Coaching, Mentoring, dan Counseling untuk Perubahan Organisasi dan Pengembangan Kompetensi ASN.” Webinar ini dilaksanakan secara daring pada hari Kamis, 10 Oktober 2024.

Acara diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Morina Harahap, Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan. Dalam laporan tersebut, ia menekankan pentingnya peningkatan kompetensi ASN melalui metode coaching, mentoring, dan counseling.

Selanjutnya, acara resmi dibuka oleh Razilu, Kepala BPSDM Hukum dan HAM. Dalam sambutannya, Razilu menyampaikan harapannya bahwa metode coaching, mentoring, dan counseling dapat mengarahkan birokrasi menuju profesionalisme yang lebih baik serta mempersiapkan ASN untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Narasumber utama dalam webinar ini adalah Muhammad Taufiq, Plt Kepala Lembaga Administrasi Negara. Taufiq memberikan pemaparan mengenai pentingnya coaching dalam perubahan organisasi, sesuai dengan Peraturan Menpan RB Nomor 6 Tahun 2022.

Menurutnya, coaching adalah aktivitas bertanya yang dilakukan antara pimpinan dan pihak lain yang diberi tugas khusus untuk menemukan strategi dalam menghadapi masalah. Proses ini berfokus pada masa kini dan masa depan serta berorientasi pada tindakan nyata.

Selain itu, Taufiq juga menjelaskan manfaat coaching bagi ASN, serta bagaimana metode ini dapat membantu ASN untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja mereka. Ia juga mengulas tentang mentoring dan jenis-jenis mentoring yang bisa diterapkan dalam pengembangan ASN.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mendalami materi yang telah disampaikan oleh narasumber.
Webinar series cerdas bersama BPSDM Hukum dan HAM ini terdiri dari 8 seri. Delapan seri tersebut adalah:
1. SDM Berkualitas Menyongsong Indonesia Emas 2045;
2. Karier dan Kinerja Jabatan Fungsional sebagai Penggerak Pembangunan ASN BerAKHLAK;
3. Kenali Potensimu dan Maksimalkan Performamu;
4. Jabatan Fungsional sebagai Investasi SDM bagi Organisasi Masa Depan;
5. Powerfull Coaching, Mentoring, dan Conseling untuk Perubahan Organisasi dan Pengembangan Kompetensi ASN;
6. Personal Branding bagi ASN;
7. Mengenali Kompetensi Sosio Kultural ASN dan;
8. Kiat Sukses Berkarier di Jabatan Fungsional.