Logo

BMKG Stasiun Fatmawati Sebut Provinsi Bengkulu Memasuki Puncak Musim Hujan

BMKG Stasiun Fatmawati Sebut Provinsi Bengkulu Memasuki Puncak Musim Hujan

BENGKULU – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu menyebut saat ini Provinsi Bengkulu sudah memasuki puncak musim hujan.

Hal itu diungkapkan Winda Ayu prakirawan cuaca BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu. Winda mengatakan puncak hujan di Provinsi Bengkulu diprediksi bakal terjadi hingga bulan Februari tahun 2025 mendatang.

“Kita himbau kepada masyarakat saat ini kita sudah memasuki puncak musim hujan. Beberapa bulan ke depan hingga Februari puncak hujan di Bengkulu lebih tinggi dari sebelum,” kata Winda, Senin (14/10/24).

Lebih lanjut Winda menjelaskan, puncak musim hujan tersebut terjadi akibat adanya fenomena hidrometeorologi yang mempengaruhi terjadinya pertumbuhan awan-awan di Provinsi Bengkulu.

Dan, sambung Winda saat itu Provinsi Bengkulu dipengaruhi adanya siklon dan fenomena MCO yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan di Bengkulu meningkat, sehingga terjadi hujan deras.

Disisi lain, Winda mengatakan untuk gelombang laut di perairan Bengkulu, saat ini maksimum 2 hingga 3 meter sementara di perairan Enggano hingga Samudera Hindia setinggi 3 meter.

“Tapi untuk beberapa tiga hari ke depan akan terjadi potensi gelombang tinggi di wilayah tersebut,” demikian Winda.