Logo

Lapuk Dimakan Usia, Pohon Cemara di Tengah Kota Tumbang

Lapuk Dimakan Usia, Pohon Cemara di Tengah Kota Tumbang

BENGKULU – Sebuah pohon berukuran besar di Kelurahan Sawah Lebar, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu tepatnya di depan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tumbang, Kamis (17/10/24) sekira pukul 19:30 WIB.

Kejadian tersebut sempat menyebabkan lalu lintas di daerah itu macet. Sebab, pohon dengan ketinggian kurang lebih lima meter itu melintang di tengah jalan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka yang dilaporkan akibat insiden ini. Namun, aliran listrik terpaksa dimatikan dahulu oleh pihak PLN lantaran pohon tersangkut ke kabel.

“Kejadiannya sekitar jam 7 lewat tadi. Lumayan macet tadi karena pohon melintang ke tengah jalan. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban,” ujar Hari, Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu.

Ditambahkan Hari, penyebab tumbangnya pohon Cemara itu lantaran pohon sudah lapuk alias sudah tua.

Sementara menanggapi situasi ini, pihak berwenang setempat segera mengambil tindakan. Polisi lalu lintas dan tim dari DLH Kota Bengkulu langsung tiba di lokasi untuk mengamankan area dan mengatur arus lalu lintas. Sebagai langkah pengamanan jalan di sekitar lokasi.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada ketika berada di luar rumah. Apalagi saat berada di bawah pohon besar.

Disisi lain, kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya pemeliharaan rutin terhadap pohon-pohon di area perkotaan untuk mencegah insiden serupa di masa mendatang.