Logo

Pendaftar PTPS untuk Pilkada Serentak Didominasi Perempuan

Pendaftar PTPS untuk Pilkada Serentak Didominasi Perempuan

BENGKULU – Ketua Panwascam Gading Cempaka Bengkulu, Muhammad Razi sebut Pendaftar Perempuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Gading Cempaka mendominasi.

“Alhamdulillah kita di Gading yaitu bukan hanya sekedar 30% perempuannya yang lebih banyak yang mendaftarkan, dari pada laki-laki presentasi pendaftar itu 30 sampai 40%. Untuk perempuan di Gading kita sangat berlebih,” ujad Razi.

Razi menyampaikan proses rekrutmen PTPS se Kecamatan Gading Cempaka ini ada beberapa tanggapan pertama tahapan sosialisasi pengumuman bahwa akan ada perekrutan PTPS. Kemudian tahap keduanya itu penerimaan berkas penerimaan berkas sekaligus bersamaan juga penelitian berkas.

“Setelah proses penerimaan dan penelitian selesai, itu kita lihat sesuai juknis yang diturunkan oleh Bawaslu RI terkait proses tahapan perekrutan PTPS bahwa di dalam definisi Itu menjelaskan diharuskan itu dua kali kebutuhan. Seperti di gading ini ada 52 TPS, berarti pendaftarnya harus dua kali kebutuhan berarti 52 dikali 2 jadi harus 104 orang minimal pendaftar,” ujarnya.

Kemudian setelah penerimaan Berkas dan sudah perpanjangan karena kuotanya Harus dua kali kebutuhan selesai, Razi mengatakan tahap berikutnya yaitu pengumuman yang lulus administrasi yang telah di seleksi berkas-berkas yang sudah memenuhi syarat administrasi.

“Bagi yang terlibat dengan partai politik itu secara otomatis tidak lulus administrasi bagi yang umurnya kurang dari 21 tahun itu juga secara otomatis tidak lulus administrasi, ” pungkas Razi.

Setelah proses itu semua telah selesai, maka akan di umumkan yang lulus dan tidak lulus.

“bagi yang lulus akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahapan wawancara tahapan wawancara itu secara juknis itu dilaksanakan 10 hari. Nah kita di Gading Cempaka melaksanakannya lebih kurang 5 hari,” lanjut Razi.

Razi Menerangkan bahwa pihaknya mengantisipasi agar kegiatan ini tidak bertabrakan karena saat ini adalah tahapan kampanye.

“Makanya kita di jajaran Panwas Gading melakukan rapat pleno memutuskan bahwa proses tes wawancara itu kita rencanakan selama 5 hari, jadi hari Senin sampai hari Kamis,” jelas Razi.

Diketahui, pada saat tahapan wawancara tersebut terbagi beberapa sesi, seperti hari pertama ada dua Kelurahan Padang Harapan dan Kelurahan Cempaka Permai.

Hari kedua, Kelurahan Lingkar Barat, dan hari ketiga Kelurahan jalan Gedang.

Serta, hari ke empat dan lima tempat itu Kelurahan Sidomulyo.

“Untuk di Sidomulyo, itu karena memang jumlah tps nya paling banyak,” terang Razi.

Sehingga, setelah proses wawancara itu sudah selesai, maka Razi menambahkan pihaknya beberapa hari ke depan sampai nanti jadwal pengumuman kelulusan akan melakukan evaluasi hasil wawancara dan mencermati hasil wawancara.

“Sebelum tanggal 3 atau 4 November itu pengumuman kelulusan sudah sampaikan yang kita umumkan kepada masyarakat ini. kita umumkan media sosial IG, Facebook panwascam. Kita akan tempel pengumuman yang manual, di kantor panwascam, dan di kantor camat dan di seluruh kantor Lurah,” tutup Razi.

Berikut data Pelamar PTPS Gading Cempaka :

Jumlah pelamar PTPS se kecamatan gading cempaka : mendaftar 113 orang

Jumlah lulus administrasi :105 orang

Jumlah hadir wawancara :93 orang

Yang tidak hadir wawancara :12 orang