Logo

Debat Terbuka Perdana Calon Walikota Bengkulu Dimulai, Simak Visi-Misi Masing-masing Paslon

Debat Terbuka Perdana Calon Walikota Bengkulu Dimulai, Simak Visi-Misi Masing-masing Paslon

BENGKULU – Debat Publik atau Debat terbuka pertama 5 pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, dimulai, Kamis (26/10/2024) malam.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad menyampaikan debat terbuka atau dapat publik pada saat ini adalah sebuah bentuk implementasi dan akomodasi yang dilakukan oleh KPU Kota Bengkulu dalam rangka mengakomodir perintah dari peraturan perundang-undangan.

Setelah dilakukan proses pencalonan kemudian ditetapkan calon tersebut, maka 3 hari setelah penetapan calon dilakukanlah kampanye.

Ada beberapa metode kampanye yang dapat dilakukan oleh Pasangan calon pada pemilihan walikota dan wakil walikota saat ini, seperti metode penyebaran bahan kampanye pemasangan alat peraga kampanye kemudian pertemuan terbatas tatap muka dan termasuk di dalamnya debat terbuka atau debat publik.

“Setelah dilakukan proses pencalonan kemudian ditetapkan calon tersebut maka 3 hari setelah penetapan calon dilakukanlah kampanye ada beberapa metode kampanye yang dapat dilakukan oleh Pasangan calon pada pemilihan walikota dan wakil walikota saat ini seperti metode penyebaran bahan kampanye pemasangan alat peraga kampanye kemudian pertemuan terbatas tatap muka dan termasuk di dalamnya debat terbuka atau dapat publik,” ujar Rayendra.

Rayendra juga berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi yang cukup dan baik kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu. Sehingga dapat menjadikan wadah sebagai potensi masyarakat Kota Bengkulu untuk menentukan pilihannya.

Penyampaian Visi dan Misi dari 5 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu

Pada pemaparan pertama, pasangan nomor urut satu Dani-Sukatno menyampaikan ada 11 bidang garapan dan dengan 44 program yang terkait dengan tema debat ini. Pada kesempatan ini pertama dalam misi yaitu mewujudkan SDM yang berkualitas kemudian juga yang terkait dengan itu adalah pada misi berikutnya mewujudkan pelayanan yang Prima kami berupaya ingin menjadikan Bagaimana kota Bengkulu yang betul-betul memiliki pemerintahan yang baik dan bersih.

“Memberikan pelayanan yang Prima pelayanan publik yang prima, menjadikan kota Bengkulu yang bangkit, maju bermartabat dan sejahtera. Mudah-mudahan dengan visi-misi bidang garapan dan program yang akan kami lakukan, diberikan amanah oleh masyarakat di Kota Bengkulu untuk bisa mewujudkannya menjadi Walikota dan Wakil Kota Bengkulu tahun 2024 2029,”ucap Dani.

Berikutnya, dari nomor urut 2 pasangan calon Aryono-Harialyyanto. Aryono menyampaikan akan fokus bekerja pada peningkatan pendapatan daerah dengan tidak menaikkan pajak masyarakat, serta berkomitmen untuk tidak akan berhutang dalam pembangunan di Kota Bengkulu. Kemudian berkomitmen untuk menjalankan pemerintahan dengan tidak ada jual beli jabatan dan tidak ada potongan gaji ASN.

“Kami memastikan sekolah tanpa dipungut biaya, baju seragam gratis,buku gratis tanpa ada pemungutan uang komite dan sumbangan-sumbangan lainnya dengan menjamin pendidikan yang berkualitas. Serta memberikan satu guru satu laptop dan memastikan pemberian dana sertifikasi guru tepat waktu dan tanpa potongan pada bidang kesehatan kami memastikan Setiap warga kota berobat gratis dengan fasilitas dan pelayanan prima serta peningkatan insentif tenaga medis,” tutur Aryono.

Kendati demikian, dari nomor urut 3 pasangan calon Dedy-Agi. Dedy menyampaikan merubah mindset para ASN kota Bengkulu, merubah kultur bagi ASN kota Bengkulu, kemudian akan menggunakan sistem digital dalam rangka pelayanan yang mudah dan cepat.

“kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pertemuan pada pada hari in, kami mengajak kepada semua pasangan untuk tersenyum dalam penyelenggaraan Pilkada,” pungkas Dedy.

Dari sudut nomor urut 4 pasangan calon Beni-Farizal. Beni menuturkan akan menjadikan kota Bengkulu maju sejahtera dan berkelanjutan sesuai tema debat malam ini. Serta tatakola pemerintahan yang baik menuju pelayanan publik yang efektif dan efisien.

“Kami punya 8 program, bidang kesehatan bidang pendidikan, bidang keagamaan tentang sosial, bidang Pemuda dan Olahraga, bidang ekonomi dan pariwisata, bidang SDM yang publik, bidang infrastruktur, bidang kebudayaan sesuai tema debat kita pada malam ini,” pungkas Beni.

Sehingga, diakhir pada nomor urut 5 pasangan calon Deddy-Ronny. Deddy menyampaikan akan mewujudkan Kota Bengkulu semakin maju religius dan bahagia.

“Di kota Bengkulu, dikenal dengan program seribu jalan mulus. Dalam database menyebutkan 98% atau sebanyak 130 km sudah mulus Hanya dua persen yang belum mulus. Itu ada di perumahan, maka program ke depan seluruh perumahan di kota Bengkulu akan kita buat mulus pada masa yang akan datang,” terang Deddy.