Logo

PWI : Media yang Tidak Menjalankan Fungsinya Tidak akan Dipercaya

Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI )Pusat Mara Sakti

Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI )Pusat Mara Sakti

KOTA BENGKULU – Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Mara Sakti menyebutkan, setiap media diciptakan untuk masyarakat dan berita yang disajikan harus memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jadi fungsi pers itu, mendidik, menyampaikan informasi, melakukan pengawasan sosial, dan memberikan hiburan, jadi fungsi itu yang harus diberikan kemasyarakat, kalau itu memang dijalankan pasti media online bisa bersaing, namun media online yang tidak menjalankan itu masyarakatnya tidak akan menyukai itu,” ujarnya, Kamis (12/4/2018)

Selain itu, kata dia setiap wartawan harus bekerja dengan orientasi publik, bisa dibidang ekonomi, politik,seni dan kebudayaan.

“Jadi anda fokus untuk memiliki publik mana yang anda pilih supaya dengan demikian kalian memiliki komunitas atau pembaca tersendiri,” pungkasnya.

Kendati demikian, sambung dia, yang harus diingat yakni media atau pers adalah alat publik dan alat untuk mencerdaskan dan memberi informasi kepada masyarakat serta memberi pengawasan.

“Nah, untuk segi kompetensi wartawannya juga harus terus mengasah dirinya dan belajar untuk menerapkan kaidah-kaidah dan norma-norma yang ada dalam jurnalis itu sendiri seperti lakukan teknik investigasi, kalau mau menulis, lakukan perencanaan, riset, observasi baru wawancara,” tambahnya

sementara itu, lanjut dia setiap media mesti menaikkan kompetensi, sesuai riset masyarakat itu lebih percaya pada media lama ketimbang media baru, memang dia suka media baru tapi dia tidak percaya.

“Anda harus tingkatkan lagi kualitas anda agar mereka percaya dan mendapat kepercayaan publik,” tutupnya.