Logo

Data Valid, Pembangunan Efektif dan Efisien

Data Valid, Pembangunan Efektif dan Efisien

Bengkulu – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mematangkan persiapan Sensus Penduduk (SP) 2020. Data yang valid mudahkan pemerintah mengambil kebijakan. Pembangunan juga menjadi efektif dan efisien.

Dikatakan, Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani bahwa mengumpulkan data bukanlah hal yang mudah. Dia mengatakan pekerjaan tersebut dikerjakan secara bertahap. Sebab itu, peran KSK sangat penting demi untuk mendapatkan data yang valid.

Tugas KSK di masyarakat sangat berat, tm terlbeih . butuh data kependudukan yang  valid dengan kondisi real di masyarakat. Jika ada kesalahan data, tentu akan berakibat fatal di kemudian hari untuk itu KSK harus cermat dalam mendata,” kata Dyah, Senin (16/12/19).

Sementara Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu mendukung sensus Penduduk 2020 terlaksana dengan baik, sehingga dapat menghasilkan satu data kependudukan.

“Terkait data kependudukan, dulu masih ditemukan dalam beberapa versi antara dukcapil dan BPS. Namun sekarang, kita sepakat hanya menggunakan data BPS, untuk itu kita dukung BPS untuk mewujudkan satu data kependudukan melalui programnya,” kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto.

Kemutakhiran dan kevalidan data kependudukan sangat penting bagi pemerintah untuk menentukan arah kebijakan dalam penggunaan anggaran.  Sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Data dan indikator statistik yang dihasilkan BPS selama ini telah banyak membantu pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Ini merupakan loncatan besar dari sistem pendataan penduduk di Indonesia selama ini,” ujarnya.

Penulis : Imam Yusup