Logo

Pemprov Bengkulu Terima LHP Semester II dari BPK RI

Pemprov Bengkulu Terima LHP Semester II dari BPK RI

Bengkulu – Di penghujung tahun, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Bengkulu menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksanaan (LHP) Kinerja Semester II Anggaran 2019 pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah Bengkulu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, di kantor BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu.

LHP Kinerja tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan kinerja efektifitas pengelolaan Belanja Daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia tahun anggaran 2016 – 2018 pada Pemerintah Provinsi Bengkulu.

LHP Kinerja Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Pronsi Bengkulu R. Aryo Seto Bomantari kepada Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah sebagai perwakilan dari Permerintah Provinsi Bengkulu serta kepada DPRD Provinsi Bengkulu.

Selain Pemerintah Provinsi Bengkulu, Kabupaten Kepahiang, yang diterima oleh Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid juga menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dari BPK RI.

Dalam keterangannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu R. Aryo Seto Bomantari mengatakan, lingkup pemeriksaan kinerja pada pemerintah daerah meliputi program dan kegiatanm di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi yang merupakan dimensi-dimensi pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Meliputi upaya pemerintah daerah melalaui penerbitan dan implementasi peraturan-peraturan daerah yang dapat mendorong peran swasta dan masyarakat dibidang pendidikkan, kesehatan dan perekonomian yang dapat meniungkatkan pembangunan manusia di daerah,” sampai Aryo Seto, Selasa (31/12/19).

Dalam pemeriksaan yang dilakukan, jelasnya, ada beberapa temuan yang didapat. Hal itu diharapkan dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah sehingga dapat menjadi bahan evaluasi kedepannya.

“BPK menyimpulkan, jika tidak segera diatasi oleh Pemerintah Proivinsi Bengkulu, maka permasalahan-permaslahan tersebut dapat mempengaruhi efektivitas pengelaolaan belanja daerah untuk peningkatan pemabngunan manusia,” tegasnya.

Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah usai menerima LHP Kinerja Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut menegaskan untuk segera menindaklanjuti temuan yang didapat oleh BPK tersebut dan akan segera memperbaikinya.

“LHP ini sudah kami terima dan akan segera kami tindaklanjuti dan akan kami perbaiki bersama jajaran kami,” sampai Wagub Dedy.

Dedy berharap, kedepannya adanya kerjsama yang lebih baik lagi BPK dengan pemerintah daerah serta dapat terus membimbing pemerintah Proivinsi Bengkulu dalam mengelola anggaran.

“Kami berharap kedepannya Harmonisasi lebih dapat dibangun lagi dan kami sangat berharap adanya kerjasama dan bimbingan dari BPK kepada kami pemerintah Provinsi Bengkulu dalam upaya menciptakan pemerintah yang bersih dan baik,” ujarnya.

Penulis : Redaksi/Saipul