Logo

Batas Waktu Pendaftaran PPDB Diprotes

Batas Waktu Pendaftaran PPDB Diprotes

panita PPDB SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, Amir

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pembatasan jam pendaftaran siswa baru dalam petunjuk tekhnis penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018, dikeluhkan pantia PPDB di sekolah. Hal ini, diungkapkan Amir, panita PPDB SMA Negeri 5 Kota Bengkulu.

Amir menjelaskan, pembatasan jam pendaftaran siswa baru akan merugikan para calon siswa yang ingin mendaftar.

Pasalnya, siswa yang mendaftar disatu sekolah membutuhkan waktu untuk melangkapi berkas. Belum lagi, kata Amri, siswa yang tidak diterima di satu sekolah akan kesulitan untuk mencari sekolah baru.

”Kendalanya cuma di jam pendaftaran. Dalam aturannya kan hanya sampai jam 12 siang. Kalau kita tutup, masalahnya anak-anak yang tidak masuk mau kemana lagi,” kata Amir, Rabu (5/7/2017).

Dengan aturan ini, sambung Amril, pihak sekolah banyak mendapatkan protes dari para wali murid, yang ingin mendaftarakan anaknya ke sekolah.

Ditambah, banyak wali murid yang belum mengetahui adanya pembatasan jam pendaftaran sekolah, datang melewati waktu yang telah ditetapkan.

”Kita sudah koordinasikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kita minta kebijakannya, jadi kita akan buka sampai jam 12.30, kasian anak-anak yang tidak masuk, kan harus cari sekolah lain,” sambung Amir.

Sosialiasi petunjuk tekhnis Permendikbud No 17 Tahun 2017, sampai Amir, dinilai terlambat. Sehingga, kata Amril, sekolah sedikit kesulitan untuk menerapkan aturan yang diminta.

”Sosialisasinya dadakan jadi sekolah sedikit kesulitan,” tutup Amir.