Logo

Baznas Bengkulu Akan Bedah 50 Unit Rumah Warga Bengkulu Tahun Ini

Baznas Bengkulu Akan Bedah 50 Unit Rumah Warga Bengkulu Tahun Ini

BENGKULU – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu akan merealisasikan 50 unit bedah rumah pada tahun 2024 ini di Bengkulu.

“Untuk bedah rumah hari ini kita lakukan peletakkan batu pertama, dan 5 unit khusus Kota Bengkulu, serta pemberian kunci yang sudah kita rehap dan kita perbaiki, semua itu warga  Kota Bengkulu,” kata Fazrul Hamidy Ketua Baznas Provinsi Bengkulu, Kamis (15/08/2024).

Program bedah rumah yang di akomodirkan oleh Bazsnas tersebut dilakukan dengan cara mengajukan permohonan kepada Baznas Provinsi Bengkulu melalui laporan dari Baznas Kabupaten/Kota Bengkulu.

“Jika memang bedah rumah itu sesuai dengan proposal yang diajukan, kita akan bantu, tetapi tetap dengan menjalani mekanisme yang ada,” ujar Fazrul.

Diketahui, dalam pengajuan bedah rumah tersebut, sudah ada 300 usulan yang telah masuk kepada pihak Baznas Provinsi Bengkulu, dan masih menunggu sampai 500an agar bisa terpenuhi.

Lebih lanjut, Fazrul meyampaikan bahwa Baznas Provinsi Bengkulu pada tahun 2024 ini akan merealiasikan atau mentargetkan 50 unit rumah yang akan dikerjakan serta akan ditambahkan langsung dari Baznas RI sejumlah 75 unit untuk dalam program bedah rumah tersebut.

“Kalo untuk yang provinsi ini besaran 20 juta dan dari Baznas RI sebesar 25 juta,” tambahnya.

Sehingga untuk dapat terpenuhi dalam melakukan bedah rumah tersebut, tidak ada syarat tertentu yang harus di ajukan oleh masyarakat, hanya saja lokasi tanah itu harus milik pribadi oleh masyarakat.

“Tanah yang dimiliki itu harus tanah milik sendiri, itu kuncinya,” tegasnya.

Dalam kurun 3 tahun ini, Baznas Provinsi Bengkulu sudah merealisasikan kurang lebih 400 yang sudah terjalankan program bedah rumah tersebut.

“Saya dan teman-teman ini sudah kurang lebih 3 tahun menjalankannya, sejak kita disini, kita gulirkan terus, setiap tahun tetap ada bedah rumah,” tutupnya.