Logo

Beberapa Lokasi Jadi Prioritas Pengamanan Polda Bengkulu

Beberapa Lokasi Jadi Prioritas Pengamanan Polda Bengkulu

Bengkulu – Menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, beberapa titik lokasi menjadi prioritas keamanan Polda Bengkulu menyambut. Lokasi itu diantaranya tempat ibadah, tempat ramai (pantai, pasar, tempat wisata, penginapan), jalur transportasi mudik, maupun transportasi massal (Bandara, Pelabuhan, Terminal Angkutan).

“Daerah yang berpotensi ramai atau titik kumpul masyarakat menjadi prioritas pengamanan, agar selalu tercipta situasi yang kondusif selama Natal dan Malam Pergantian Tahun,” kata Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, saat rakor Sektoral Operasi Lilin Nala 2019 di Gedung Adem Polda Bengkulu, Selasa (17/12/19).

Tempat wisata, lanjut Kapolda, biasanya menjadi titik sentral yang dikunjungi masyarakat setiap libur atau cuti Nasional. Karena itu, Polda menempatkan anggotanya dan mendirikan posko-posko penjagaan.

Kapolda juga mengimbau kepada pemerintah daerah agar menempatkan alat berat di beberapa daerah rawan bencana.

Kapan bencana terjadi, kata Kapolda, tidak dapat diprediksi. Karena itu, antisipasi dan kewaspadaan sangat diperlukan seperti menyiapkan alat berat.

“Seperti bencana longsor, banjir, gempa, puting beliung dan kebakaran. Bencana tidak dapat kita diprediksi, maka kita perlu selalu waspada,” pungkad Kapolda.

//Perhatikan Stok Sembako dan BBM
Dipihak lain, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto meminta koordinasi lintas sektor terus dilakukan. Selain itu, dia juga memintak ketersedian sembako dan BBM agar tidak kurang.

“Jangan sampai kurang, sehingga masyarakat tidak resah jika keperluan pokok terjamin,” kata Gotri

Kerjasama Pemerintah dan Aparat perlu didukung demi menjaga kekondusifan di masyarakat, koordinasi antar lini diperlukan agar operasi lilin nala 2019 berjalan lancar

“Beberapa OPD terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Pol PP, PUPR, Dishub perlu saling koordinasi dengan Polda, Korem, dan Lanal sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu atau hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Penulis : Imam Yusup