Logo

BMKG Catat 780 Kali Gempa Terjadi di Bengkulu Tahun 2024

BMKG Catat 780 Kali Gempa Terjadi di Bengkulu Tahun 2024

BENGKULU – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kepahiang Bengkulu mencatat 780 kali gempa bumi terjadi di Provinsi Bengkulu selama Januari hingga awal bulan September tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Meterologi dan Geofisika BMKG stasiun Kepahiang, Yoki Gustiawan. Yoki menyebut, dari jumlah gempa tersebut, kekuatan yang dihasilkan bervariasi. Ada yang dirasakan, ada juga yang tidak dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau dari catatan kita dari Januari kemarin sampai tanggal 5 September ini itu ada 780 gempa yang tercatat atau teranalisa oleh kami. Kalau untuk gempa cenderung nya banyak yang tidak dirasakan,” kata Yoki.

Sementara itu, Yoki menambahkan dalam sehari gempa bisa terjadi hingga 3 kali di Provinsi Bengkulu. Namun magnitudo gempa yang terjadi itu kebanyakan tidak dirasakan oleh masyarakat.

“Cuma rata-rata setiap hari itu ada, ada dua kali ada tiga kali. Bahkan kadang-kadang satu hari itu juga tidak pernah terjadi gempa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yoki mengatakan, potensi gempa bermagnitudo masih besar bakal terjadi di Provinsi Bengkulu. Namun kata Yoki belum diketahui kapan itu terjadi.

Kendati demikian, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari bangunan-bangunan retak atau rusak jika terjadi gempa bumi.