Logo

Cegah Pajak Bocor, Bapenda Kota Bengkulu Usulkan Pengadaan Tapping Box Tambahan

Cegah Pajak Bocor, Bapenda Kota Bengkulu Usulkan Pengadaan Tapping Box Tambahan

BENGKULU – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, Nurlia Dewi sebut hingga Oktober 2024 pihaknya merealisasikan 150 pemasangan tapping box di Kota Bengkulu.

Nurlia Dewi menyampaikan bahwa pemasangan tapping box ini untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mencegah terjadinya kebocoran PAD di Kota Bengkulu.

“Pemasangan tapping box ini hingga Agustus kemaren sudah terpasang 100 tapping box, dan di bulan Oktober ini kami menagkomodir 50 tapping box yang insyaallah akan terpasang,” ujar Kepala Bapenda Kota Bengkulu Nurlia Dewi.

Nurlia menerangkan, jika pihaknya telah mengusulkan pengadaan 100 tapping box tambahan ke Bank Bengkulu, sehingga nanti ada 200 tapping box terpasang di seluruh hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota Bengkulu.

“Kita sudah mengusulkan kepada Bank Bengkulu itu sebanyak 100, tetapi pihak Bank Bengkulu hanya mengakomodir 50 persen atau 50 Tapping box saja,” katanya.

Diketahui, Tapping box merupakan alat pemantau untuk menghindari kecurangan laporan pajak. Cara kerja tapping box adalah dengan melakukan perbandingan antara total transaksi tempat usaha dengan jumlah pajak daerah yang harus dibayarkan.

Kendati demikian, Nurlia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bengkulu juga terus meminta agar tempat usaha di Kota Bengkulu ke depannya sudah ada tapping box untuk meningkatkan PAD.

“Kita berharap dengan ditambahnya tapping box ini membuat penghasilan pelaku usaha terpantau dengan baik, sehingga Bapenda tahu berapa besaran pajak yang seharunya pelaku usaha bayarkan,” singkat Nurlia Dewi.