Logo

Ciptakan Pilkada Damai, KAHMI Bengkulu dan KPU Gelar Dialog Publik

Ciptakan Pilkada Damai, KAHMI Bengkulu dan KPU Gelar Dialog Publik

BENGKULU – Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bengkulu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, gelar Dialog Publik dan Deklarasi Pilkada Damai 2024  untuk mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas, Sabtu (28/09/2024).

Koordinator MW KAHMI Bengkulu Zacky Antoni mengatakan, Pilkada 2024 merupakan momen penting untuk masyarakat Bengkulu agar dapat tahu bagaimana nanti proses pilkada 2024 bisa berjalan dengan demokrasi dan berkualitas.

“Kita mendukung pelaksanaan pesta demokrasi kita ini berlangsung secara tertib, lancar, tanpa huru-hara, tanpa ada konflik-konflik horizontal. Sebab, kalau terjadi, kejadian yang tidak di inginkan itu justru merusak dan mencederai demokrasi,” ucapnya.

Karena itu, KAHMI Provinsi Bengkulu akan tetap mengawasi dan memberikan kontribusi salah satunya melakukan edukasi dan mengundang para pemuda, unsur mahasiswa untuk bersama-sama untuk melek politik dan meningkatkan kesadaran politik dalam pesta demokrasi.

“Karena hakekat ini adalah memilih pemimpin, maka ini hal yang sangat penting, tidak bisa kita apatis, tapi kita justru harus aktif dan peduli dengan memberikan edukasi dan literasi tentang ancaman-ancaman yang ada dalam pilkada langsung,” tegas Zacky.

Selain itu, di sela-sela sebelum dilakukan dialog publik, KAHMI Bengkulu, dan KPU Provinsi Bengkulu beserta para tamu yang hadir juga melakukan deklarasi Pilkada Damai untuk Provinsi Bengkulu, agar dapat mewujdukan demokrasi yang berkualitas.

Disisi lain, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Rusman Sudarsono sangat berterimakasih kepada MW KAHMI Bengkulu yang bersedia membantu meringankan tugas-tugas KPU Provinsi Bengkulu.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini adalah bagian-bagian dari partisipasi-partisipasi seluruh elemen-elemen masyarakat, juga bagian dari komitmen bersama untuk mensukseskan Pilkada serentak di tahun 2024,” tuturnya.

Sehingga, dalam deklarasi pilkada damai tersebut, Rusman menegaskan apabila seluruh elemen masyarakat di Provinsi Bengkulu sudah berkomitmen maka pilkada di Provinsi Bengkulu akan damai.

“Ini kepada elemen tadi mahasiswa, pemuda. Ini kalau seluruh masyarakat sudah berkomitmen, insyaallah damai pilkada Bengkulu,” terangnya.