Logo

Debat Kandidat Calon Walikota Bengkulu Digelar Akhir Bulan Oktober

Debat Kandidat Calon Walikota Bengkulu Digelar Akhir Bulan Oktober

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, telah mengumumkan kegiatan debat kandidat pemilihan pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 2024.

“KPU Kota Bengkulu, sudah menentukan untuk debat para kelima paslon, sebanyak 3 kali. Yang dimana debat pertama akan digelar pada tanggal 26 Oktober 2024, lalu debat kedua dilakukan pada tanggal 8 November 2024, dan debat terkahir di tanggal 15 November 2024,” ujar Anggi Stephensent Komisioner KPU Kota Bengkulu

Anggi juga Menerangkan , pada saat pelaksanaan debat itu akan ditentukan oleh EO yang telah dipilih oleh KPU Kota Bengkulu

“Untuk tempat pelaksanaan sendirinya, akan ditentukan oleh EO yang ditunjuk, namun diperkirakan akan digelar disalah satu hotel kota Bengkulu,” terangnya.

Kemudian, KPU Kota Bengkulu telah membentuk tim pakar untuk memastikan bahwa merupakan orang yang profesional, independen, dan tidak terafiliasi dengan kandidat manapun.

“kami sudah menentukan tim pakar, sudah terpilih 3 tim pakar yang akan menggodok materi dan teknis pelaksanaan debat. Lalu tim pakar juga akan memberikan rekomendasi siapa saja panelis yang akan menggawangi debat kandidat ini,” pungkas Anggi.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Bengkulu, Rayendra mengungkapkan debat kandidat nantinya diharapkan dapat memberikan dan menambah wawasan kepada masyarakat, terkait visi, misi, dan program masing-masing calon Walikota dan wakil Walikota yang berkompetisi dalam Pilkada 2024.

Pelaksanaan debat juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi pemilih untuk memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing pasangan calon.

“Setelah menyaksikan debat nantinya swing voters atau masyarakat yang belum menentukan pilihan (decisison) bisa mendapat referensi terbaik terkait program masing-masing paslon,” singkat Rayendra.