Logo

Definisi Serta Karakteristik Komunikasi Massa yang Beragam

Ilustrasi

Ilustrasi

BENGKULU – Komunikasi massa adalah salah satu proses penyampaian informasi kepada khalayak ramai yang mana penyampaian pesannya dapat melalui media-media komunikasi seperti misalnya televisi, radio, surat kabar maupun internet sekalipun.

Tujuan dari adanya komunikasi massa adalah sebagai wadah untuk menginformasikan, mengedukasi serta dapat mempengaruhi opini publik tentang apa yang disampaikan tadinya.

Dalam komunikasi massa, pesan itu biasanya bersifat lebih ke satu arah saja, akan tetapi dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang, tentunya interaksi antar audiens juga semakin meningkat seperti dapat melalui media sosial, platform digital dan lain sebagainya.

Komunikasi massa memiliki karakteristik yang beragam-ragam, dari keberagaman karakteristik itulah yang jelas dapat membedakan sekali antara komunikasi massa dengan komunikasi-komunikasi yang lainnya.

Bentuk pertama karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Satu Ke Banyak. Maksud satu ke banyak disini adalah komunikasi massa itu sangat-sangat harus melibatkan yang namanya pengirim pesan yang tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi kepada keseluruhan penerima dari pesan tersebut secara simultan atau bertepatan tanpa menunggu-nunggu lagi.

Bentuk kedua karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Penyebarannya Meluas. Maksud dari penyebarannya luas disini adalah pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan itu dapat menjangkau audiens yang sangat-sangat luas, bahkan hingga global sekalipun baik itu melalui berbagai media seperti halnya televisi, radio, surat kabar maupun internet.

Bentuk ketiga karakteristik komunikasi massa yang beragama adalah Bersifat Anonim. Bersifat Anonim disini dimaksudkan seperti dalam komunikasi massa itu pengirim pesan dan juga penerima pesan sering kali tidak saling mengenal antara satu sama lain, sehingga itu tadi komunikasi tersebut bersifatnya anonim.

Bentuk Keempat karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Konten Yang Terstandarisasi. Maksud dari konten yang terstandarisasi disini adalah pesan apapun yang disampaikan sering kali terstandarisasi yang tujuannya untuk menarik minat audiens yang beragam itu tadi, sehingga hal tersebutlah yang membuat pesan yang disampaikan tidak selalu mencerminkan kebutuhan atau preferensi individu yang ada.

Bentuk kelima karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Feedback yabg Terbatas. Maksud feedback yang terbatas disini adalah meskipun beberapa media memungkinkan untuk melakukan umpan balik, interaksi langsung antara pengirim pesan dan juga penerima pesan itu biasanya sangat-sangat terbatas.

Bentuk keenam karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Pengaruh Sosial. Maksud dari pengaruh sosial disini adalah komunikasi massa itu sangat-sangat memiliki potensi besar untuk mempengaruhi tentang opini publik, membentuk pandangan masyarakat luas dan juga dapat mempengaruhi perilaku masyarakat.

Bentuk ketujuh karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Penggunaan Teknologi. Maksud dari penggunaan teknologi disini adalah media massa menggunakan berbagai teknologi untuk menyebarkan informasinya, baik itu mulai dari cetak hingga ke digital ditambah dengan teknologi yang serba semakin canggih dari waktu ke waktu.

Bentuk kedelapan atau yang terakhir dari karakteristik komunikasi massa yang beragam adalah Variasi Format. Maksud variasi format disini adalah pesan itu dapat disampaikan dalam berbagai format, seperti misalnya dalam bentuk teks, gambar, audio maupun video sekalipun, yang mana hal tersebut dapat memungkinkan penyampaian informasi yang lebih menarik kepada khalayak ramai.

Karakteristik-karakteristik komunikasi massa yang beragam ini menunjukkan bahwasannya dampak luas dari komunikasi massa dalam masyarakat sangat-sangat mempengaruhi pada setiap apapun kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu.

Penulis : Muhammad Zaky

Mahasiswa S1 Jurnalistik Universitas Bengkulu