Logo

Dua Kader Partai PAN Dukung Paslon Gubernur Rohidin-Meriani, Ini Tanggapan Jubir Helmi-Mian

Rohidin Mersyah (Kiri) dan Helmi Hasan

Rohidin Mersyah (Kiri) dan Helmi Hasan

BENGKULU – Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN) Bengkulu Suprianto dan Munir pindah haluan dengan mendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin-Meriani. Jubir Pemenangan Helmi-Mian mengatakan tidak akan merespon hal tersebut.

“Karena merespon yang seperti itu pada suasana Pilkada itu hanya akan menghabiskan waktu saja. Karena kami tidak fokus pada hal-hal seperti itu, kami hanya fokus bagaimana ke lapangan, berkomunikasi dengan masyarakat perihal kerja Helmi-Mian selama ini,” kata Dedi, Senin (21/10/2024).

Dedi menerangkan bahwa mantan ketua DPRD Kota Bengkulu, Suprianto sudah mengundurkan diri, dan itu juga sudah berubah struktur kepengurusan.

“Kalau dia sudah ngomong begitu, otomatis dia tidak lagi di PAN. Sama yang Munir itu sekarang struktur sudah berubah, kepengurusan di Bengkulu Tengah (Benteng) itu tidak dia lagi,” terangnya.

Kendati demikian, Divisi Hukum DPW PAN Provinsi Bengkulu Nopri mengatakan pihaknya menghormati keputusan Munir Sumarlin untuk mendukung siapapun.

Sikap Munir itu, kata Nopri berawal dari keputusan PAN yang tidak mendukungnya maju sebagai calon Bupati Bengkulu Tengah.

“Ini berawal dari keinginan beliau untuk maju menjadi Bupati Bengkulu Tengah,” katanya.

Ia menjelaskan, PAN sebenarnya memberi dukungan kepada Munir untuk mencalonkan diri. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, Munir tidak bisa melengkapi syarat yang diminta.

“Partai PAN mendukung sepenuhnya, dan memberi kesempatan berbulan-bulan uuntuk bergerak mendapatkan partai lain karena PAN tidak mencukupi. Namun sampai batas waktu yang ditentukan dia belum juga mendapatkan partai tambahan, bahkan terakhir katanya akan didukung oleh Golkar dan Ketua Golkar Provinsi yang juga Calon Gubernur siap perjuangkan rekom untuk beliau,” terang Nopri.

“Kita tetap berteman dan berkawan karena pengurus yang juga kader PAN yaitu Zenrodi sering dan aktif komunikasi untuk pemenangan di Bengkulu Tengah,” tegas Nopri.

Lebih lanjut, dalam menanggapi persoalan Suprianto, Herimanto Ketua POK PAN Provinsi Bengkulu, menerangkan Pengurus PAN menghormati putusan yang diambil dari Suprianto. Partai PAN secara kelembagaan mengambil sikap sangat menghormati dan mempersilahkan kepada Suprianto atas pilihannya.

“Kader yang bersangkutan dengan statementnya sendiri secara substansi sesungguhnya sudah dinyatakan keluar dari PAN,” ujar Herimanto.