Logo

Geger, Buaya Muara Raksasa Muncul di Perkebunan Kelapa Sawit

Geger, Buaya Muara Raksasa Muncul di Perkebunan Kelapa Sawit

BENGKULU – Seekor buaya muara raksasa berusia dewasa masuk dan bersarang di perkebunan kelapa sawit milik warga Desa Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Buaya muara itu memiliki panjang kurang lebih 430 centimeter dengan berat mencapai 400 kilogram. Dalam proses evakuasi terhadap seekor buaya itu berlangsung dramatis.

Sebab, buaya memberontak dan memberikan perlawanan terhadap petugas gabungan dari Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Mukomuko, anggota kepolisian/TNI dan masyarakat.

Kendati demikian, buaya tersebut akhirnya berhasil ditangkap setelah beberapa lama melakukan proses evakuasi. Kemudian buaya itu langsung dibawa menggunakan mobil doubel gardan untuk dievakuasi ke kantor resort KSDA Mukomuko.

Kepala Resort KSDA Mukomuko, Damien mengatakan untuk habitat buaya yang ada di Desa Teramang dan Desa teluk Bakung jumlahnya diperkirakan lebih dari satu ekor.

Hal ini dikarenakan setiap sungai yang bermuara ke laut menjadi sarang atau tempat tinggal kawanan satwa yang dilindungi tersebut.

“Kita bersama-sama mengevakuasi buaya muara yang ada di ladang atau perkebunan kelapa sawit milik warga. Adapun buaya yang berhasil ditangkap dengan panjang 430 centimeter dengan berat 400 kilogram akan dievakusi sementara ke Pos Air Hitam,” kata Damien.

Sementara Damien menghimbau dan meminta kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tidak beraktivitas atau bermain di kawasan yang menjadi tempat atau habitatnya kawanan buaya muara tersebut. Sehingga nantinya tidak menimbulkan korban jiwa.