Logo

Gubernur Bengkulu Usulkan 5 Nama Penjabat Sementara untuk Jadi Bupati

Gubernur Bengkulu Usulkan 5 Nama Penjabat Sementara untuk Jadi Bupati

BENGKULU – Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah telah memproses  surat izin cuti lima Kepala Daerah, serta mengusulkan nama-nama Penjabat Sementara (Pjs) yang akan mengisi kekosongan jabatan bupati.

Rohidin mengatakan, untuk izin cuti lima bupati dan wakil bupati yang maju di Pilkada 2024 sedang berproses.

“Saya sudah mengusulkan, karena itu jadi persyaratan surat edaran Mendagri RI, kalau untuk kabupaten kota itu semua sudah saya proses usulan cuti, karena itu jadi persyaratan juga,” ungkap Rohidin, Senin (09/09/2024).

Ia menjelaskan terkait cuti kepala daerah ini, bersandar kepada Surat Edaran Nomor 100.2.1.3/4204/SJ perihal Penegasan Cuti di Luar Tanggungan Negara (CTLN) bagi Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah serta Pengusulan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati dan Wali Kota, yang dikeluarkan per 30 Agustus 2024.

Provinsi Bengkulu ada Bupati Bengkulu Utara, Bupati Rejang Lebong, Bupati Bengkulu Selatan, Bupati Mukomuko, dan Bupati Seluma yang bakal di Pjs nanti, hal ini karena baik bupati maupun wakil bupatinya maju di Pilkada 2024 ini.

Serta, mengingat Rohidin Mersyah saat ini akan menjadi bakal calon Gubernur Bengkulu yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2024, juga sedang berproses di Kemendagri RI.

“Kalau kita calon Gubernur minta izinnya ke Mendagri, secara Silon onlinenya sudah kita sampaikan,” tuturnya.

Sehingga, pada Surat  Edaran Nomor 100.2.1.3/4204/SJ ini meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu mengusulkan nama-nama untuk penunjukan Pjs ke Kemendagri RI.

Pada saat cuti nanti, Kepala Daerah yang bersangkutan dilarang menggunakan fasilitas negara yang terkait dengan jabatannya. Cuti akan dimulai pada tanggal saat penetapan calon kepala daerah, yakni pada 22 September 2024.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan Pemerintah provinsi Bengkulu telah mengusulkan lima nama ke Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) untuk menjabat Pjs di lima kabupaten di Provinsi Bengkulu.

“Masing masing daerah sudah diusulkan satu nama ke kemendagri, termasuk Kabupaten Seluma. Kita tinggal menunggu saja siapa nanti yang akan direkom,” ucap Rohidin  saat menghadiri peresmian Irigasi Perpompaan di Desa Sarimulyo Jumat siang (06/09/2024).

Lima kabupaten yang akan dijabat Pjs Bupati karena bupati dan wakilnya ikut dalam kontestasi Pilkada 2024, yaitu Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara dan Mukomuko dan Kabupaten Rejang Lebong.

“Pjs yang kita usulkan ini adalah pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Bengkulu,” tutupnya Gubernur Rohidin.

Nama-nama yang diusulkan gubernur ke kemendagri ini yakni Kasatpol PP Atisar Sulaiman, Karo Umum Fery Ernez Parera, Kadis ESDM Donni Swabuana dan Kepala Bappeda Yuliswani.