Logo

Kantor Imigrasi Bengkulu Hadirkan Inovasi Layanan pada Masyarakat

Ilustrasi layanan keimigrasian Kantor Imigrasi Bengkulu

Ilustrasi layanan keimigrasian Kantor Imigrasi Bengkulu

BENGKULU – Kantor Imigrasi Bengkulu berkomitmen untuk menghadirkan inovasi serta peningkatan fasilitas pelayanan demi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, khusunya masyarakat provinsi Bengkulu.

Inovasi pelayanan yang dihadirkan yaitu layanan CURUP (Cukup di Rumah Urus Paspor) yang merupakan layanan khusus bagi masyarakat yang membutuhkan layanan keimigrasian baik itu paspor bagi WNI maupun perpanjangan izin tinggal bagi WNA yang sedang dalam keadaan sakit sehingga tidak memungkinkan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi.

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu akan datang ke lokasi pemohon layanan baik di rumah ataupun di rumah sakit, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan keimigrasian tidak terhambat dalam menerima pelayanan.

Inovasi lainnya adalah layanan TAPAK PADERI (Tanpa ke Kantor Petugas Datang Menghampiri), yaitu pelayanan paspor jemput bola bagi pemohon yang berasal dari kabupaten-kabupaten terjauh di Provinsi Bengkulu yang kesulitan untuk datang ke Kantor Imigrasi secara langsung dan atau organisasi masyarakat/Instansi dinas/Instansi swasta yang membutuhkan pelayanan paspor di tempat masing-masing karena berbagai keterbatasan yang ada.

Kedua Inovasi tersebut hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat perihal pelayanan keimigrasian, dengan dibalut penamaan yang menggunakan kearifan lokal diharapkan dapat semakin mendekatkan masyarakat dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu.

Inovasi tersebut juga tercipta untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan keimigrasian yang setara,dan sebagai upaya dalam mengusung prinsip kesetaraan dan kemanusiaan dalam setiap layanan Keimigrasian.

Diharapkan inovasi-inovasi tersebut dapat menghadirkan kemudahan akses pelayanan keimigrasian bagi masyarakat yang sering kali mengalami kesulitan dalam mengakses layanan publik. Melalui upaya ini, Kantor Imigrasi Bengkulu  tidak hanya meningkatkan kualitas layanan tetapi juga memberikan contoh nyata dari penerapan nilai-nilai HAM dalam pelayanan publik.