Logo

Kepada Pelamar CPNS, Gubernur Bengkulu : Jangan Percaya Makelar

Kepada Pelamar CPNS, Gubernur Bengkulu : Jangan Percaya Makelar

Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tidak mempercayai makelar yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS.

Hal itu disampaikan Gubernur di hadapan ratusan pelamar CPNS, di Gedung Balai Buntar Bengkulu pada Kamis (26/12/19).

Dikesempatan itu Gubernur Rohidin menceritakan perjalanan hidup saat ia berjuang menjadi CPNS hingga menjadi Gubernur Bengkulu.

Saat itu, dia pernah ditawari oleh seorang oknum yang mengaku dapat meluluskan untuk menjadi PNS. Dia pun langsung ditolak dan diusir oleh Gubernur Rohidin.

Pria kelahiran Kota Manna Bengkulu Selatan ini menghimbau semua para pelamar CPNS agar tidak percaya oknum – oknum (makelar) yang mengaku dapat meluluskan mereka untuk menjadi PNS.

“Yang ingin kita tekankan benar – benar jangan percaya dengan semua pihak manapun yang menjanjikan meluluskan CPNS, tidak akan bisa lagi siapapun, jangankan panitia kami kepala daerah saja tidak bisa, yang bisa menentukan kelulusan kan sistem, nilainya bisa dibuka online semua,” tegas Gubernur Rohidin.

Para pelamar harus yakin kepada kemampuan diri sendiri, dengan persiapan yang maksimal serta doa dari orang tua diharapkan akan memberikan hasil terbaik, yang bisa meluluskan CPNS adalah diri kita masing – masing. Gubernur Rohidin sendiri akan memberikan sanksi yang tegas kepada oknum ASN yang mengaku bisa meluluskan peserta menjadi CPNS.

“Kalau mereka melakukan penipuan seperti itu pasti kita sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku, kita berikan sanksi setegas – tegasnya,” ungkap Rohidin.

Ditambahkan Rohidin bahwa tantangan ke depan apalagi di era 4.0 sekarang adalah ASN harus ‘melek’ akan teknologi serta cepat mengambil keputusan dalam menghadapi tuntutan masyarakat yang mulai kritis dan sangat terbuka saat ini.

“Kalau ASN tidak memiliki kemampuan bisa jadi bulan – bulanan masyarakat dan tidak akan bisa memberikan pelayanan yang baik, maka dibutuhkan kemampuan dan mau meningkatkan diri agar mampu memberikan jawaban setiap persoalan masyarakat,” jelas Gubernur Rohidin.

Penulis : Imam Yusup