Logo

Masyarakat Bengkulu Diminta Jaga Pola Hidup Agar Terhindar HIV/AIDS

Masyarakat Bengkulu Diminta Jaga Pola Hidup Agar Terhindar HIV/AIDS

BENGKULU – Masyarakat Provinsi Bengkulu masih ada terinfeksi virus HIV/Aids, dan diminta untuk jaga pola hidup serta hindari perilaku yang tidak baik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Moh. Redhwan Arif membenarkan bahwa di Provinsi Bengkulu masih ada ratusan masyarakat Bengkulu yang terinfeksi virus HIV/AIDS ini, dan masih melakukan pola hidup serta perilaku yang tidak baik untuk kesehatan diri masing-masing.

“dalam total atau jumlah keseluruhannya yang pasti itu masih belum terdata atau terbaca , tapi sekitar 100-an lebih yang terinfeksi Virus HIV/AIDS ini,” kata Redhwan Arif, Senin (12/08/2024).

Kemudian Redhwan menjelaskan bahwa dalam menindaklanjuti masyarakat yang sudah di katakan Positif terkena virus HIV/AIDS ini akan tetap diarahkan untuk berobat serta dilakukan pengobatan secara rutin oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

“Ciri-ciri yang terkena Virus ini karena terdapat sakit yang tidak tahu penyebabnya serta dari pola hidup yang tidak baik,” lanjutnya.

Diketahui, dalam melakukan pencegahan dan penanggulan HIV/AIDS ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah membuat Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Bengkulu Nomor 5 Tahun 2017 tentang Penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu.

Serta dalam isi Perda tersebut ada Langkah-langkah upaya penanggulangan HIV dan AIDS dilaksanakan melalui pendekatan promosi, pencegahan dan pemeriksaan diagnosis HIV, pengobatan dan perawatan dan dukungan. Perawatan terhadap ODHA dilakukan melalui pendekatan klinis, pendekatan agama, dan pendekatan berbasis keluarga dan masyarakat. Dalam rangka penanggulangan HIV dan AIDS dibentuk KPA tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.

Sehingga Redhwan meminta secara tegas kepada seluruh warga se-Provinsi Bengkulu agar bisa menjaga pola hidupnya sehari-hari yang lebih baik, menjaga kebersihan, pola asupan yang sehat, serta tidak melakukan perilaku yang tidak baik, agar dapat terhindar dari Virus HIV/AIDS.