Logo

Masyarakat Diminta Waspada Penyakit Rabies Pada Hewan Liar

Kucing. Foto Dok,BN

Kucing. Foto Dok,BN

BENGKULU – Waspada terkait Penyakit Rabies terhadap hewan Kucing dan Anjing yang ada di Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi minta masyarakat Bengkulu agar tetap waspada terhadap penularan rabies kepada hewan liar.

“Kita harus mewaspadai penyakit rabies ini, dikarenakan kasus gigitan sudah cukup banyak,” kata Syarkawi, Rabu (21/08/2024).

Kemudian, terkait adanya penyakit rabies ini, dikarenakan adanya gigitan dari hewan peliharaan atau hewan liar yang tertular terhadap virus rabies ini, dan berbahaya pada manuisa.

Sehingga, kepada masyarakat Bengkulu harus tetap waspada dan mengantisipasikan terhadap penyakit virus rabies tersebut. Serta apabila ada hewan peliharan terkhusus kucing dan anjing harus tetap dilakukan pengecekan kesehatannya dan jauhi dari jangkauan hewan lian lainnya.

“Kasus gigitan terhadap kucing dan anjing sudah cukup banyak, walaupun kasus yang sudah positif rabies masih sedikit,” tambahnya.

Lebih lanjut, Syarkawi menghimbau kepada masyarakat Bengkulu untuk tidak melepas liarkan hewan peliharaannya terkhusus kucing dan anjing, dan tetap dikandangkan dengan baik.

“Apabila kewan tersebut di lepas liarkan maka akan dapat terinfeksi virus rabies dari hewan liar yang lain, serta tetap melakukan vaksin rabies agar menjaga kekebalan terhadap hewan peliharaannya,” himbaunya.