Logo

Pemkot Bengkulu Akan Rancang Pasar Barukoto Seperti Pasar Modern

Kondisi Pasar Barukoto. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berencana akan merevitalisasi Pasar Barukoto yang terletak di kawasan Malabero, Kecamatan Teluk Segara.

Rencana tersebut ditandai dengan telah dikirimkannya proposal ke Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk mengajukan permohonan revitalisasi atau perbaikan beberapa pasar di Kota Bengkulu salah satunya Pasar Barukoto.

“Memang ada rencana kedepannya Pemerintah Kota Bengkulu melalui Disperindag akan melaksanakan revitalisasi Pasar Barukoto ya. Proposal sudah kita naikkan ke Kementerian Perdagangan,” kata Erika Arisanti, Kabid Pengembangan dan Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu, Kamis(27/06/2024).

Erika menjelaskan revitalisasi Pasar Barukoto itu dilakukan sebabnya, saat ini Pasar itu kondisinya sudah sangat memperihatinkan dan terbengkalai. Banyak kata Erika bagian-bagian bangunan yang sudah hancur.

“Memang sudah lama kalau kita perhatikan ya. Pasar Barukoto itu sudah tidak layak baik untuk pengunjung maupun untuk pelaku usaha sendiri. Di beberapa bagian, sebagian besar itu sudah mengalami kerusakan parah sehingga untuk terjadinya transaksi ekonomi di Pasar itu sudah tidak layak lagi,” jelasnya.

Nantinya lanjut Erika, Pemerintah Kota Bengkulu akan merancang Pasar Barukoto itu seperti pasar modern. Pusat kuliner diupayakan akan di pusatkan di Pasar Barukoto untuk menarik minat masyarakat.

Erika berharap Pemerintah Pusat dapat membantu khususnya untuk pendanaan agar revitalisasi Pasar Barukoto tersebut tercapai. Selain itu, saran dari masyarakat juga dibutuhkan untuk menjadikan Pasar Barukoto itu menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

“Yang kami inginkan adalah bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini pendanaan kemudian mungkin juga ada sumbang saran dari masyarakat terkait bentuk atau tampilan dari Pasar Barukoto itu kedepannya akan dibangun seperti apa,” demikian Erika.

  • Iqbal maulana

    Utk pasar modrn sprtinya utk zaman skrg tdk pas..terutama prihal parkiran yg terbatas..jd akn jd problem kedepanya..lbh baik utk sport taman yg menunjang wisata. Mengingat tmpt tsb pas berada ditengah2..kota tua yg penuh sejarah .