Logo

Pemprov Bengkulu Harap Tim Korsel Bisa Berinvestasi untuk Membangun Sistem Pengelolaan Pesisir

Pemprov Bengkulu Harap Tim Korsel Bisa Berinvestasi untuk Membangun Sistem Pengelolaan Pesisir

BENGKULU – Upaya untuk Pengembangan Proyek dan Studi Kelayakan Awal untuk Membangun Sistem Pengelolaan Pesisir Berbasis Informasi Spesial Kelautan dalam menanggapi perubahan iklim di Provinsi Bengkulu, Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap Tim dari Korea Selatan bisa berinvestasi.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada tim dan rombongan MIT,inc dan GreenBlue,inc yang datang dari Korea Selatan, dalam rangka melakukan studi kelayakan pengembangan proyek dan studi kelayakan awal untuk Membangun Sistem Pengelolaan Pesisir Berbasis Informasi Spesial Kelautan untuk Menanggapi Perubahan Iklim di Provinsi Bengkulu,” kata Isnan Fajri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, di Workshop Kick-Off Meeting bertema “Pengembangan Proyek dan Studi Kelayakan Awal untuk Membangun Sistem Pengelolaan Pesisir Berbasis Informasi Spesial Kelautan untuk Menanggapi Perubahan Iklim Rabu (31/07/2024).

Isnan menjelaskan bahwa Perubahan iklim menimbulkan risiko terhadap kesehatan laut serta menghambat ekonomi kelautan yang makmur dan berkelanjutan.

“Pengamanan dan peningkatan suhu laut berdampak negatif terhadap industri-industri penting seperti perikanan dan pariwisata,” jelasnya.

Diketahui, Provinsi Bengkulu berada di pantai Barat Pulai Sumatera, yang membujur dari Utara ke Selatan, memiliki garis pantai sepanjang 708 km yang menghadap Samudra serta memiliki zona ekonomi eksklusif sekitar 123.898,3 km² dan zona teritorial (0-12 mil laut) sekitar 8.267 km² serta Provinsi Bengkulu juga memiliki Potensi Produksi Perikanan mencapai 160.092,67 Ton pertahun.

“Provinsi Bengkulu terus mendorong dan mengajak semua pihak berperan aktif dalam kegiatan perubahan iklim berbasis kelautan guna mendukung pencapaian yang diharapkan,” lanjut Isnan.

Serta dirinya berharap agar tim dari Korea Selatan dapat menjadikan harapan Provinsi Bengkulu agar mereka dapat berinvestasi.

“Kita punya potensi kelautan, geotermal, dan batu bara yang bisa dikelola juga oleh mereka ini. Harapan kita, mereka yang hadir ini dapat langsung mulai memikirkan minat berinvestasi di Bengkulu,” harapnya.