Logo

Pengelolaan Parkir di Area Peruntukan Lain Pantai Panjang Masih Dibahas

Pengelolaan Parkir di Area Peruntukan Lain Pantai Panjang Masih Dibahas

BENGKULU – Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bengkulu, Haryadi menyebut pengelolaan sistem parkir di kawasan Area Peruntukan Lain (APL) Pantai Panjang Kota Bengkulu masih membahas kerangka awal terkait kerjasama pengelolaan parkir yang akan dilakukan.

“Secara umum pertemuan ini masih membahas kerangka awal terkait pengelolaan parkir di kawasan Pantai Panjang dan nanti akan kita tindak lanjuti dengan pertemuan-pertemuan lainnya,” ujar Haryadi.

Haryadi menerangkan, Pada tahap awal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu masih melakukan pengkajian terkait aturan-aturan yang ada terhadap pemanfaatan APL di kawasan Pantai Panjang, sehingga tidak terjadi benturan dengan regulasi lainnya.

“Masih dipelajari dulu prosesnya nanti bagaimana. Apakah menabrak aturan atau tidak dalam pemanfaatan kawasan tersebut. Jadi setelah ini akan ada rapat kembali,” terangnya.

Kemudian, Haryadi menjelaskan bahwa kawasan APL membutuhkan kajian yang matang untuk dimanfaatkan, termasuk dalam hal untuk dijadikan kawasan parkir.

“Tahun ini belum, Insya Allah di tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Bencoolen Mall, Irwandi Putra menyampaikan bahwa pihak Pemprov Bengkulu menginginkan penataan kawasan Pantai Panjang lebih baik, termasuk pada pengelolaan area parkir yang aman dan nyaman,  bagi pengunjung disamping juga dari sisi kontribusi pendapatan bagi daerah juga lebih baik dan terkontrol.

“Hari ini kami dari pihak PT Impian Bengkulu Indah datang ke pihak Pemerintah Provinsi Bengkulu dan pihak terkait lainnya untuk membicarakan soal teknis dan batasan-batasan dalam pengelolaan parkir kawasan Pantai Panjang yang akan kita lakukan nantinya,” sampainya.

“Yang pasti hari ini hanya pemaparan, dimana kira-kira titik yang bisa dijadikan titik garapan areal parkir, kemudian batasan atau harapan dari pihak Pemerintah Provinsi sendiri untuk pengelolaan parkir ini,” ujar Irwandi.

Sehingga, pada kawasan Pantai Panjang diharapkan dapat dikelola dengan baik oleh pihak ketiga yakni dari kawasan Pantai Pasir Putih hingga depan Sport Center Pantai Panjang.

“Yang pasti hari ini hanya pemaparan bagaimana kira-kira untuk titik-titik yang bisa dijadikan area parkir dan batasan-batasan yang diharapkan dari pemerintah Provinsi bengkulu,” tutup Irwandi.