Logo

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu Mengikuti Rakor Pengendalian Capaian Kinerja

Imam Setiawan, Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu

Imam Setiawan, Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu

BENGKULU – Imam Setiawan, Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Semester I Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2024. Acara yang berlangsung pada hari Rabu hingga Jumat, 28-30 Agustus 2024, bertempat di Movenpick Hotel Jakarta City Center, dihadiri oleh berbagai pimpinan tinggi di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, yang memberikan penguatan serta apresiasi khususnya dalam bidang penegakan hukum keimigrasian. Ia mengungkapkan bahwa capaian pada sasaran kinerja penegakan hukum keimigrasian mengalami peningkatan sebesar 72% dibandingkan semester pertama tahun sebelumnya, dengan total 1.939 kasus Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) dan 48 kasus Projustisia. Selain itu, layanan keimigrasian juga mencatat peningkatan sebesar 10,67% dibandingkan dengan paruh pertama tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Silmy juga menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai momen evaluasi kinerja semester I dan untuk mengidentifikasi tantangan atau kendala yang dihadapi selama semester tersebut.

Kegiatan berikutnya adalah penguatan dan paparan capaian kinerja Semester I dari seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Imigrasi. Dimulai dengan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian yang melaporkan adanya kenaikan jumlah TAK sebesar 95% dibandingkan semester I tahun sebelumnya. Rata-rata TAK tahun 2023 sebesar 166 per bulan meningkat menjadi 324 per bulan pada tahun 2024. Jumlah penyidikan tindak pidana keimigrasian juga naik signifikan sebesar 225% dalam perbandingan yang sama.

Selanjutnya, Direktur Intelijen Keimigrasian membahas program Desa Binaan Imigrasi yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi serta mengatasi permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM) di wilayah perbatasan.

Program ini melibatkan Petugas Imigrasi Pembina Desa (Pimpasa) di 121 Desa Binaan Imigrasi di seluruh Indonesia. Berikutnya paparan oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian menyampaikan beberapa program unggulan seperti Grand Launching Golden Visa yang dilaksanakan pada 25 Juli 2024, serta penerbitan visa untuk berbagai event internasional seperti MXGP World Championship 2024, ASEAN U16 Boys Championship 2024, dan 8th ABU Media Summit on Climate Action and Disaster Prevention.

Dalam hal penerbitan dokumen perjalanan keimigrasian, dilaporkan bahwa selama semester I, telah diterbitkan sebanyak 25.250 paspor 24 halaman, 1.318.026 paspor 48 halaman, 457.681 paspor elektronik laminasi, dan 27.119 paspor polikarbonat.

Data kedatangan dan keberangkatan WNI dan WNA di TPI Laut didominasi oleh Batam dengan 2.756.481 orang, diikuti oleh Tanjung Priok, Benoa, dan Labuan Bajo. Sementara itu, Soekarno-Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Juanda, dan Kualanamu mendominasi di TPI Darat, sedangkan Mota’ain, Tunon Taka, Entikong, dan Wini mendominasi di TPI PLBN.