Logo

Punya Mobil dan Miliki iPhone 15 Pro Tapi Dapat Beasiswa KIP, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB, Yar Johan

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB, Yar Johan

BENGKULU – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB, Yar Johan menyebut beasiswa KIP K ‘R’ akan dicabut, apabila R kedapatan menyalahgunakan beasiswa tersebut.

Pada saat ditemui Bengkulunews, Yar Johan mengaku pihaknya sudah melakukan pengecekkan. Dia menyebut bahwa ‘R’ adalah orang yang tidak mampu.

“Kalau data dari kita, dia memang dari keluarga yang tidak mampu, Broken home,” kata Johan, Selasa (08/10/2024).

Kemudian, Johan menerangkan ‘R’ akan dipanggil hari Rabu besok untuk kejelasan atas kepemilikan mobil dan Iphone 15 pro ini.

“Kami masih telusuri hal itu. Kalau memang ditemukan yang bersangkutan itu benar, kita putuskan dia tidak menerima beasiswa tersebut,” terangnya.

Diketahui, pada saat proses penerimaan beasiswa KIP ini, ada syarat dan tahapan yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa/i ini, seperti memiliki kartu KIP pada waktu di SMA, melakukan pendaftaran manual di website beasiswa KIP, dan lainnya.

“Dia terdaftar di website, kemudian masuk di kategori kriteria penerimaan KIP,” jelas Johan.

Lebih lanjut, apabila mahasiswa/i ini dinyatakan terdaftar dan lulus pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKS), maka akan memiliki kartu sejahtera.

“Kalau dinyatakan lulus, baru kita proses berkasnya. Kalau ditemukan kejanggalan, kita terjun kelapangan untuk di cek,” lanjut Johan.

Dikabarkan, untuk penerimaan beasiswa nanti, akan berbeda dari tahun kemarin, hanya mendapatkan satu beasiswa.

“Tahun kemarin ada dua kategori,  full beasiswa sama UKT saja. Kalau sekarang hanya satu,” Pungkas Johan.

Sehingga, Johan mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu, apabila kedapatan mahasiswa Unib yang menyelewengkan penggunaan beasiswa, segera langsung melapor kepada pihak UNIB.

“KIP itu untuk biaya pendidikan, tidak di gunakan untuk berfoya-foya, atau mengikuti style kehidupan seperti beli Iphone, tolong laporkan ke kita,” imbaunya.