Logo

Sekda Provinsi Sebut Statistik Merupakan Fondasi Utama Pembangunan Daerah

Sekda Provinsi Sebut Statistik Merupakan Fondasi Utama Pembangunan Daerah

 BENGKULU – Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 menjadi momentum penting untuk menekankan pentingnya data statistik dalam pengembangan kebijakan publik yang efektif.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, menyampaikan hal ini saat membuka Final Conference Lomba Karya Tulis Ilmiah (PENDAP) 2024 yang diadakan oleh BPS Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Statistik (HIMASTA) Universitas Bengkulu.

“Kami mengapresiasi BPS Bengkulu dan HIMASTA UNIB atas inisiatif luar biasa ini. Kegiatan ini menjadi wadah kolaborasi yang baik untuk menjaring ide-ide segar demi kemajuan Bengkulu yang berkelanjutan,” kata Isnan, Rabu (25/09/2024).

Isnan menerangkan statistik merupakan fondasi utama dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat untuk pembangunan daerah.

“Dengan pemahaman yang baik terhadap data yang ada, kita bisa merumuskan kebijakan yang lebih efektif,” tambahnya.

Disamping itu, Sahranudin, Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Bengkulu, menjelaskan bahwa kegiatan lomba ini merupakan bentuk sinergi antara BPS, akademisi, dan pemerintah.

Sehingga, acara ini juga membuka peluang bagi generasi muda untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan daerah.

“Lomba karya tulis ilmiah ini dilaksanakan serentak oleh seluruh BPS di Indonesia dalam rangka memperingati HSN setiap 26 September, dan memberikan ruang bagi generasi muda untuk turut serta dalam pembangunan,” singkatnya.

Berikut tema lomba dari Reformasi Birokrasi yaitu :
1) Penanggulangan Kemiskinan
2) Peningkatan Inflastasi
3) Pengendalian Infalsi
4) Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri
5) Transformasi Digital.