Logo

SMPN 1 Batal jadi Sekolah Unggulan

SMPN 1 Batal jadi Sekolah Unggulan

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Zainal Azmi.

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Keputusan pendaftaran masuk sekolah dengan sistem zona, membuat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Bengkulu, batal menyandang predikat sekolah unggulan.

Sistem ini membuat SMPN 1 Kota, yang biasanya bebas menerima siswa berprestasi dari seluruh wilayah Kota Bengkulu, menjadi setara dengan sekolah-sekolah lainnya. Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Zainal Azmi.

”Ini supaya adanya pemerataan pendidikan, biasanya kan sekolah itu bagus karena memang anak yang diterimanya pintar-pintar. Kalau sekarang tidak lagi. Semuanya harus sama, kalau tetap bagus berarti memang sekolahnya yang bagus,” kata Zainal, Selasa (4/7/2017).

Zainal menambahkan, penghapusan sistem sekolah unggul yang dapat menerima siswa diluar zonasi ini, telah tertuang dalam, Permendikbud No 17 tahun 2017. Permen ini mengatur tentang keharusan otonomi sekolah di zona nya masing-masing.

”Dalam draf kita upayakan bebas zona, tapi dalam Permendikbud tidak bisa. Tujuannya, untuk pemerataan siswa, guru dan mutu pendidikan, besok tidak ada lagi sekolah unggul dan tidak unggul,” sampai Zainal.

Dengan sistem ini, terang Zainal, diharapkan setiap sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan di zonanya sendiri.

”Biar punya unggulan disetiap zona, karena yang berprestasi itu sudah merata. Jadi, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas di zonanya masing-masing,” tutup Zainal.