Logo

Tak Ada Uang Ingin Beli Darah untuk Istri Melahirkan, Pria Ini Nekat Congkel Kotak Amal Masjid

Tak Ada Uang Ingin Beli Darah untuk Istri Melahirkan, Pria Ini Nekat Congkel Kotak Amal Masjid

BENGKULU – Seorang remaja berinisial RD (20) warga Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian lantaran melakukan tindak pidana pencurian.

RD nekat melakukan pembobolan sebuah kotak amal di dalam Masjid Al-Iklas yang terletak di jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Rabu (28/08/24) pagi.

Aksi pencurian tersebut terungkap saat pengurus masjid iseng ingin mengecek CCTV masjid. Saat mengecek itulah pengurus masjid melihat aksi pelaku yang sedang mencongkel kotak amal.

“Rekan saya sesama pengurus masjid iseng mengecek kamera CCTV di HP dan secara tidak sengaja ada orang dengan gerak gerik mencurigakan di dalam masjid,” ujar Awang Anggoro pengurus Masjid Al-Ikhlas, Rabu (28/08/2024).

Melihat kejadian itu, pengurus masjid langsung memanggil warga sekitar untuk memergoki ulah pelaku tersebut. Pelaku hampir menjadi bulan-bulanan massa. Namun oleh warga langsung menyerahkan pelaku ke Polsek Ratu Samban untuk ditindaklanjuti.

“Kami meminta tolong warga untuk menciduk pelaku yang sedang di dalam Masjid,” sampai Awang.

Sementara itu, berdasarkan keterangan pelaku kepada polisi, ia nekat melakukan aksi pencurian itu lantaran untuk membeli darah untuk istrinya yang sedang dirawat di rumah sakit karena ingin melahirkan.

“Pengakuan dari pelaku ia melakukan aksinya karena kepepet kebutuhan membeli darah untuk istrinya yang ingin melahirkan di rumah sakit,” kata IPDA Wiyadi SH Kanit Reskrim Polsek Ratu Samban.

Dijelaskan Kanit Reskrim, dalam melakukan aksinya pelaku mencongkel kotak amal menggunakan kawat yang dipanaskan dengan korek api untuk mengambil uang di dalam kotak amal berjumlah Rp 252 ribu.

“Barang bukti yang kita amankan korek api dan kawat,” tutup Kanit.