Logo

Tambah Gardu Induk, PLN Jamin Pemadaman Diminimalisir

Tambah Gardu Induk, PLN Jamin Pemadaman Diminimalisir

KOTA BENGKULU – Sejak dioperasikannya Gardu Induk baru di Air Sebakul awal tahun 2018 lalu dengan Kapasitas 1×60 MVA, maka semakin kuat kondisi supply keamanan untuk pasokan listrik di Provinsi Bengkulu.

“Selama ini baru satu Gardu Induk di Sukamerindu saja yang melayani kebutuhan supply energi disini, namun sekarang sejak awal 2018 lalu PLN punya gardu induk baru di kawasan air sebakul,” ungkap Manajer PLN Area Bengkulu, Nova Sagita

Kemudian kata Nova, saat ini untuk perkuatan jaringan baru, yakni dengan menghubungkan titik manuver yang ada di lapangan, sehingga ketika ada rencana pekerjaan pemeliharaan, lokasi yang akan terkena dampak padam meluas sudah bisa diminimalisir dengan supply pasokan dari Gardu Induk yg berbeda.

“Kehadiran gardu induk yang berbeda ini bisa mengatasi apabila ada rencana pekerjaan pemeliharaan, dampak padam akan bisa teratasi,” ujarnya.

Selain itu,sambung Nova saat ini PLN Area Bengkulu sedang menyiapkan beberapa jalur pengembangan jaringan listrik baru.

“Hal tersebut untuk memenuhi permintaan keandalan supply oleh beberapa pelanggan Industri dan Bisnis skala besar atau pelanggan Tegangan Menengah dengan kebutuhan daya besar diatas 200.000 Volt Ampere (VA),” pungkasnya.

Diketahui, perbedaan layanan reguler dengan premium terletak pada kehandalan pasokan, atau pelanggan premium tidak akan mengalami pemadaman dalam waktu terlalu lama. Dimana saat terjadi gangguan dari salah satu supply pasokan gardu induk, maka secara otomatis dalam durasi waktu 5 detik sudah tersupply kembali dari pasokan gardu induk lainnya.

Selain itu, walau keadaan listrik sedang krisis sekalipun, terhadap pelanggan premium eksekusi pengurangan padamnya menjadi urutan terakhir yg dipadamkan atau dimungkinkan tidak terjadi pemadaman jika krisis listriknya masih dalam tahap kewajaran.

Maka manfaat layanan pada pelanggan Premium tetap bisa beroperasi secara optimal dan Layanan Premium bersumber dari dua Gardu Induk yang berbeda agar kestabilan tenaga listrik Pelanggan Premium Daya Besar tetap terjaga.

“Secara izin prinsip layanan premium di Bengkulu sudah diminati oleh 5 pelanggan industri dan bisnis skala besar, dan diharapkan kedepannya pelanggan lain yg berminat bisa menghubungi PLN Unit Rayon terdekat atau Kantor Area,” demikian Nova