Logo

Warga Kota Bengkulu Diimbau Jauhi Pohon Saat Angin Kencang

Warga Kota Bengkulu Diimbau Jauhi Pohon Saat Angin Kencang

BENGKULU– Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan di Kota Bengkulu menyebabkan beberapa pohon tumbang. Seperti yang terjadi di Simpang Tuguhiu, Kecamatan Muara Bangka Hulu pada hari Sabtu (14/09/24) kemarin

Tumbangnya pohon berukuran besar itu menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Sebab, pohon tumbang tepat di bahu jalan.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Will Hopi, meminta masyarakat menjauhi pohon-pohon yang rawan tumbang. Apalagi saat terjadi angin kencang.

“Kami dari BPBD Kota Bengkulu, selalu mengingatkan berdasarkan hasil koordinasi kita dengan BMKG, diakhir bulan September hingga Oktober, kemungkinan akan terjadi curah hujan serta angin yang cukup tinggi, jadi kami juga terus melakukan himbauan, agar masyarakat selalu waspada, terhadap pohon-pohon besar ketika memasuki musim penghujan ini,” kata Hopi, Selasa (17/09/2024).

Kemudian, cuaca esktrim yang terjadi di kota Bengkulu ini sering ditandai dengan angin kencang, hujan dengan volume sedang hingga deras di beberapa titik di daerah Bengkulu.

Selanjutnya, Hopi menejelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan, DLH Kota Bengkulu, untuk melakukan kegiatan rutin, memangkas pohon-pohon besar yang sudah tumbang.

Serta, pihaknya mengeluarkan himbauan kepada masyarakat juga melakukan, penataan lingkungan sekitar tempat tinggal, serta resapan air.

“Kami berharap juga, untuk masyarakat agar selalu waspada terutama menghadapi bencana banjir,” singkat Hopi.